Essay-4
Partisipasi Lomba
Mengikuti
Lomba Menulis Quotes&Puisi
Nama
: Istianah
Kelas
: Psikologi SPSJ
Mata
Kuliah Psikologi Inovasi
Fakultas
Psikologi
Universitas
Proklamasi 45
Tahun
Ajaran 2025
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A
Mengikuti lomba adalah pengalaman berharga yang mengajarkan banyak hal,
terutama tentang bagaimana kita bisa merancang keberuntungan dalam kehidupan
sehari-hari. Pada bulan juni 2025, saya mengikuti dua lomba sekaligus, yaitu
lomba menulis quotes bertema motivasi dan lomba menulis puisi bertema “Harapan
di umur baru”. Kedua lomba ini menjadi ruang aktualisasi diri sekaligus latihan
kreativitas yang saya nilai sangat penting dalam pengembangan pribadi dan
profesional.
Lomba pertama adalah lomba menulis quotes yang diselenggarakan oleh komunitas penulis
nasional 2025. Dalam prosesnya, saya mengeksplorasi nilai-nilai hidup yang
sering saya renungkan, lalu merangkumnya dalam kutipan singkat penuh makna.
Tantangan utama adalah menyampaikan pesan kuat dalam kalimat yang sangat
terbatas. Namun melalui refleksi, riset, dan revisi berkali-kali, saya berhasil
mengirimkan 3 quotes yang merupakan hasil kontemplasi mendalam. Meskipun tidak
ada yang menang dari ketiga quotes saya.
Lomba kedua adalah lomba menulis puisi yang diadakan oleh komunitas milenial
menulis 2025. Tema “Harapan di umur baru” sangat menantang karena harus
menggambarkan emosi dan ide yang kompleks dalam bentuk puitis. Saya memutuskan
menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi saat mengalami masa sulit, dan
bagaimana saya bangkit dengan bantuan orang-orang terdekat. Proses menulis ini
menjadi terapi emosional yang memperkuat kesadaran diri saya. Meskipun tidak
menang, saya merasa puas karena puisi tersebut mencerminkan proses penyembuhan
dan pertumbuhan saya.
Secara psikologis, partisipasi dalam dua lomba ini menunjukkan bagaimana
kreativitas dapat menjadi alat untuk merancang keberuntungan. Dalam psikologi
inovasi, keberuntungan bukan hanya faktor kebetulan, melainkan bisa diusahakan
melalui kesiapan, respons terhadap peluang, dan keberanian mengambil tantangan.
Saya belajar bahwa setiap ide kreatif yang dikembangkan dan dipublikasikan,
sekecil apa pun, bisa membuka peluang yang tak terduga di masa depan.
Proses latihan menulis untuk kedua lomba ini saya lakukan dengan membaca karya
penulis lain, juga berdiskusi dengan teman yang sudah lama menjadi penulis.
Dengan demikian, saya tidak hanya berlatih secara teknis, tapi juga
meningkatkan kepekaan terhadap makna dan bahasa. Esai ini menjadi bukti bahwa keterlibatan
aktif dalam kompetisi dapat menjadi wahana pembelajaran kontekstual yang sangat
bernilai.
Daftar Pustaka
Csikszentmihalyi, M. (1996). *Creativity:
Flow and the Psychology of Discovery and Invention*. HarperCollins.
Simonton, D. K. (2004). *Creativity in
Science: Chance, Logic, Genius, and Zeitgeist*. Cambridge University Press.


.jpeg)
0 komentar:
Posting Komentar