ESSAY 4
MENGIKUTI LOMBA MENULIS
TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI INOVASI
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta., MA
Oleh : Elvira Febrian (22310410187)
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
2025
Menulis merupakan salah satu sarana untuk menstrukturkan masalah yang sedang dihadapinya. Menurut Pennebaker (dalam Dawami, 2010), ketika individu mulai menuliskan seluruh emosi dan pengalamannya dalam sebuah tulisan, individu tersebut seolah menempatkan seluruh pengalamannya dalam satu frame, kemudian individu tersebut mampu melihat dengan jelas masalah yang sebenarnya dihadapi. Dengan begitu, segala persoalan akan bisa dianalisis atau dilihat lagi secara proporsional.
Pennebaker (2002) menjelaskan manfaat menulis sebagai alternatif untuk membantu pemecahan masalah. Alasannya adalah menulis mampu mendorong proses integrasi informasi. Seseorang yang menulis dengan bebas tentang masalah yang sedang dihadapi akan lebih mudah mendapatkan pemecahannya, karena menulis juga memaksa seseorang memusatkan. perhatian lebih pada pada satu topik tertentu daripada saat hanya dipikirkan. Setiap gagasan harus dipikirkan dengan lebih rinci. Menulis lebih bersifat 'linier' daripada berpikir, yaitu bahwa menulis memaksa suatu gagasan untuk ditranskripsikan sebelum gagasan lainnya mulai dipikirkan. Saat inilah, manfaat kreasi dari menulis dapat dicapai.
Lieberman dalam Dawami (2010). menuturkan bahwa mengekspresikan diri lewat tulisan merupakan 'pengaturan emosi yang tidak sengaja. Menulis akan mengurangi aktivitas amygdala, bagian otak yang terhubung dengan emosi dan ketakutan serta meningkatkan aktivitas bagian depan korteks, pengatur pikiran. Dengan menulis, emosi yang kacau dapat terorganisir. Individu mengetahui emosi-emosinya, dan menarik akar penyebabnya kemudian mengatasinya dan menampilkan emosi yang lebih baik. Ketegangan emosi dapat diuraikan dengan cara menulis. Dengan begitu. individu lebih mengenal emosinya dan dapat mengatur serta menguasainya. Dapat pula melakukan modifikasi emosi terhadap penyebab emosi dengan penyebaran perhatian.
Dalam perspektif psikologi menulis memiliki banyak manfaat untuk bisa menstrukturkan masalah, mengurai emosi serta mampu membuat seseorang bisa terbiasa berpikir kreatif dan inovatif dalam menghadapi masalah dan beban emosi yang sedang dihadapi. Maka dari itu saya memilih kedua lomba yang saya ikuti adalah lomba menulis. Ini adalah kali pertama mengikuti lomba menulis tapi saya sangat senang karena dengan lomba ini saya bisa bercerita dan meluapkan pikiran saya dalam bentuk narasi tulisan. Saya juga sangat tertarik dengan kedua tema dari kedua lomba tersebut, karena saya bisa berekspresi mengungkapkan apa yang saya pikirkan.
DAFTAR PUSTAKA :
Rahmawati, D., Hardjajani, T., & Arif Karyanta, N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi dengan Menggunakan Menulis Catatan Harian pada Mahasiswa Psikologi UNS yang sedang Mengerjakan Skripsi.
0 komentar:
Posting Komentar