23.7.25

ESAI 4 – MELODI INOVASI DARI SEORANG MAHASISWA

 

                   ESAI 4 – MELODI INOVASI DARI SEORANG MAHASISWA

                                                                     Oleh :            

 

                                                 




                                                      Nama : Bunga Anggreani

                                                           NIM : 22310410169

                                                            Dosen Pengampu:

                                                   Dr. Dra. Arundati Shinta MA

                                                           Fakultas Psikologi

                                            Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                                                                 Yogyakarta

                                                                     2025

 

 

 

 

 

Melangkah dengan Nada, Berinovasi dengan Jiwa

 

   Aku Bunga Anggraini, adalah mahasiswa Psikologi yang meyakini bahwa setiap potensi diri harus dirawat, dikembangkan, dan diwujudkan dalam karya nyata. Salah satu bentuk pengembangan diri yang kulakukan adalah mengikuti lomba menyanyi online tingkat nasional. Dalam lomba tersebut, aku berhasil meraih Juara 3 dan dinobatkan sebagai finalis terbaik, sebuah pencapaian yang bukan hanya mengangkat semangatku, tapi juga mempertegas bahwa inovasi tidak selalu berbentuk teknologi ia bisa hadir lewat suara, ekspresi, dan keberanian mencoba hal baru.

 




   Tentu saja, langkahku tidak serta-merta muncul tanpa arah. Ada satu sosok yang menjadi nyala semangatku: Ibu Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A., dosen pengampu mata kuliah Psikologi Inovasi di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Beliau tidak hanya memberikan materi di kelas, tapi juga menyemai keberanian untuk mengekspresikan diri, berpikir kreatif, dan mengintegrasikan potensi pribadi ke dalam ruang inovatif.

 

 Inovasi dalam Perspektif Psikologi

      Dalam Psikologi Inovasi, inovasi didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk menghasilkan gagasan baru, pendekatan unik, dan pemecahan masalah yang kreatif (Anderson, De Dreu, & Nijstad, 2004). Inovasi tidak hanya muncul dari ruang kerja atau laboratorium, tetapi juga dari ruang batin yang berani menembus zona nyaman. Menurut teori Four C Model of Creativity dari Kaufman dan Beghetto (2009), pencapaianku ini dapat masuk ke dalam kategori "little-c creativity", yaitu ekspresi kreatif dalam kehidupan sehari-hari yang memberi makna bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Kegiatan ikut lomba menyanyi bukan semata soal hiburan, tapi menjadi media ekspresi dan inovasi diri sebagai mahasiswa psikologi yang ingin menunjukkan bahwa keberanian dan kreativitas bisa hadir dalam berbagai bentuk.

      Selain itu, Amabile (1996) menjelaskan bahwa motivasi intrinsik merupakan elemen penting dalam proses inovatif. Dorongan yang aku rasakan bukan sekadar untuk menang, melainkan ingin membuktikan pada diri sendiri bahwa suara bisa menjadi alat untuk menyebar semangat dan keberanian.

 

Peran Dosen sebagai Inspirator Inovasi

       Ibu Arundati Shinta menjadi bagian tak terpisahkan dari proses inovatifku. Beliau selalu menyampaikan bahwa “psikologi inovasi bukan hanya dipelajari, tapi juga dihidupi.” Kata-kata beliau membangkitkan kepercayaan diriku untuk mengambil langkah kecil yang bisa berdampak besar. Dalam teori Social Learning (Bandura, 1977), proses modeling dari figur yang kita hormati dapat mendorong individu untuk meniru dan mengembangkan perilaku positif yang serupa. Ibu dosenku adalah model inspiratif itu.

 

Lagu, Inovasi, dan Semangat yang Tak Pernah Padam

       Lomba menyanyi yang kuikuti bukan hanya soal nada dan lirik, tapi juga tentang inovasi personal, keberanian menantang batas, dan dorongan untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Dalam perjalanan ini, Psikologi Inovasi bukan hanya teori di ruang kelas, melainkan nafas yang menuntunku untuk tumbuh, berkarya, dan menginspirasi. 

    Melalui suara, aku ingin menyampaikan bahwa setiap mahasiswa  siapapun dia  berhak untuk mencipta, berinovasi, dan berkontribusi dalam warna dunia.

 




 


 

 

 

Referensi :

 

Amabile, T. M. (1996). Creativity in context: Update to the social psychology of creativity. Westview Press.

 Anderson, N., De Dreu, C. K. W., & Nijstad, B. A. (2004). The routinization of innovation research: A constructively critical review of the state‐of‐the‐science. Journal of Organizational Behavior, 25(2), 147–173.

 Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall.

 Kaufman, J. C., & Beghetto, R. A. (2009). Beyond big and little: The four C model of creativity. Review of General Psychology, 13(1), 1–12.

0 komentar:

Posting Komentar