UTS PSIKOLOGI INOVASI
Nama : Kelvin Aryudi Bentara
Nim : 22310410168
Program Studi Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Dosen Pengampu Dr.,Dra. Arundati Shinta, MA
Psikologi Motivasi Perubahan Perlikau Remaja : Belajar Dari Ayu Aryanti
Kisah KDM dengan Ayu Aryanti yang berasal dari keluarga kurang mampu, menunjukkan dedikasi tinggi terhadap pendidikan dan keluarganya. KDM terkesan dengan semangat Ayu, memutuskan untuk mengadopsinya sebagai anak asuh dan memberikan berbagai fasilitas untuk mendukung perkembangan Ayu selama dua tahun.
Yang menjadi kekurangan KDM hanya memberikan dukungan materi dan perhatian emosional. Namun terdapat Kekurangan Intervensi KDM dalam Mengubah Ayu karena tidak ada perubahan signifikan dalam perilaku dan aspirasi Ayu terutama dalam motivasinya untuk mengejar pendidikannya.
Bila menjadi Asisten KDM saya akan memberikan usulan kepada KDM bahwa tidak hanya dukungan materi yang diinginkan Ayu namun sangat perlu untuk menggali apa yang sebenarnya diinginkan Ayu, bukan hanya apa yang diharapkan oleh KDM.
Bila saya sebagai Ayu saya akan mengutarakan apa yang saya inginkan dalam hidup. Namun, saya juga perlu menyadari bahwa masa depan saya bisa jauh lebih baik bila saya memiliki keterampilan dan pendidikan yang memadai. Jika saya tetap ingin berwirausaha, saya bisa mengombinasikannya dengan pendidikan bisnis atau keuangan agar usaha saya berkembang dan lebih menjanjikan.
Bila saya menjadi Orang Tua Ayu saya akan juga turut memberikan bimbingan,dan menyarankan untuk mengikuti namun sesuai dengan apa yang diharapkan Ayu,jadi dukungan keluarga juga sangat penting bagi seorang anak jadi anak meras nyaman untuk ruang pendapatnya dan juga disiplin orang tua turut serta didalam mendorong anaknya.
Motivasi internal adalah fondasi utama perubahan yang berkelanjutan. Namun dalam konteks sosial, motivasi eksternal bisa menjadi pemicu awal, terutama saat individu kehilangan arah. Dalam kasus Ayu, motivasi internalnya untuk menjadi mandiri dan dekat dengan keluarga sangat kuat, sementara motivasi eksternal dari KDM tidak berhasil menggeser keyakinan internal tersebut. Pertarungan ini menunjukkan bahwa perubahan sejati hanya bisa terjadi ketika motivasi eksternal mampu diinternalisasi yakni saat individu melihat bahwa nilai-nilai yang ditawarkan dunia luar sejalan dengan kebutuhan dan aspirasi pribadinya. Tanpa proses internalisasi ini, perubahan hanya akan bersifat sementara dan superfisial.Ellerman (2024),
Daftar Pustaka
Putri, Paramitha, Adhita. 2021. Hubungan Antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol 8,
Rismayanti, R., Rayhan, M. A., Adzim, Q. E., & Fatihah, L. L. A. (2023). Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 251-261.
Ellerman, D. (2024). Intrinsic versus extrinsic motivation: Applications across the social sciences. International Journal of Education and Social Science Research (IJESSR), 7(5): 107–125. Article No. 977, Sub Id 1535.
0 komentar:
Posting Komentar