22.5.25

 

ESSAY 1 - PSIKOLOGI INOVASI: MERINGKAS JURNAL ENTERPRENURSHIP - Asna Khoirunisa (22310410153) - Dr. Dra. Arundati Shinta-UP45-ARIL2025

 ESSAY 1

PSIKOLOGI INOVASI

MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP

"Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Atmosfir Toko Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen"

Oleh:

Nama : Asna Khoirunisa

NIM : 22310410153


Dosen Pengampu:

Dr. Dra. Arundati Shinta


Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Yogyakarta

2025



Review Jurnal : Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Atmosfir Toko Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen

Ringkasan Jurnal :
Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Atmosfir Toko Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen

Judul

Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Atmosfir Toko Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen

Jurnal

Jurnal Bisnis & Kewirausahaan

Tahun

2024

Penulis

Dian Retno Intan, Litna Nurjannah Ginting, Khairul Fahmi Purba, Rahmad Suryanto Pirngadi.

Ringkasan Jurnal

Nama Jurnal

Jurnal Bisnis & Kewirausahaan

Judul Jurnal

Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Atmosfir Toko Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen

Tahun Terbit

2024


 

Penulis Jurnal

Dian Retno Intan, Litna Nurjannah Ginting, Khairul Fahmi Purba, Rahmad Suryanto Pirngadi.

Latar Belakang Masalah

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan bisnis ini tentunya menjadi peluang bagus bagi para calon pengusaha. Namun di sisi lain memberikan tekanan pada perusahaan bagaimana agar produk yang dijual mampu menarik perhatian konsumen dan pembeli. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan atmosfir toko terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan kafe X di Kota Medan.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan amosfir took terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan kafe X di Kota Medan.

Teori/ Isi

Usaha yang dapat ditempuh oleh pengusaha agar bisa bertahan dalam persaingan yang ketat ini adalah dengan menciptakan strategi pemasaran yang berorientasi pada pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Putro, et. al (2014) mengenai definisi dari kepuasan pelanggan, yaitu perasaan atau penilaian emosional pelanggan terhadap penggunaan produk dan layanan di mana harapan pelanggan terpenuhi. Perusahaan yang ingin meraih kepuasan dan loyalitas pelanggan haruslah mengetahui dan mempertimbangkan faktor-faktor kunci yang mempengaruhinya. Beberapa diantaranya adalah kualitas layanan (kualitas layanan) (Harianto & Hartono, 2013; Budiman, et al., 2013; dan Martha, 2015), kualitas produk (kualitas produk) (Budiman, et al., 2013; and Andini, 2013), dan suasana toko (atmosfir toko ) (Harianto & Hartono, 2013; Andini, 2013; dan Martha, 2015). Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh dari ketiga faktor tersebut terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan kafe X di Kota Medan.

Metode

Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.

Responden 60 orang

Hasil

Variabel-variabel dalam penelitian ini akan diolah menggunakan analisis partial least square (PLS) dengan menggunakan software WarpPLS 7.0. Analisis PLS menggunakan tiga algoritma pendugaan, yaitu outer model, inner model, dan pengujian hipotesis (Solimun et al. 2017). Analisis Outer model digunakan untuk mengukur validitas dan reliabilitas indikator yang digunakan untuk mengukur variable.

Kesimpulan

Hasil penelitian mengenai kualitas layanan, kualitas produk, dan atmosfir toko dapat disimpulkan sebagai berikut. 1. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan indikator yang paling dipertimbangkan dalam evaluasi adalah indikator kesigapan karyawan dalam memberikan pelayanan pada konsumen. 2. Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan indikator yang paling dipertimbangkan dalam evaluasi adalah indikator tampilan makanan dan minuman yang disajikan. 3. Atmosfir toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan indikator yang paling dipertimbangkan dalam evaluasi adalah indikator wangi dan aroma cafe. 4. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan indikator yang paling dipertimbangkan dalam evaluasi adalah indikator pengalaman pelayanan, dan sikap yang menunjukkan loyalitas adalah rekomendasi atau positife word of mouth.

  

    

0 komentar:

Posting Komentar