ESSAY 1 - PSIKOLOGI INOVASI: MERINGKAS JURNAL ENTERPRENURSHIP - Asna Khoirunisa (22310410153) - Dr. Dra. Arundati Shinta-UP45-ARIL2025
ESSAY 1
PSIKOLOGI INOVASI
MERINGKAS JURNAL ENTERPRENEURSHIP
"Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Atmosfir Toko Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen"
Oleh:
Nama : Asna Khoirunisa
NIM : 22310410153
Dosen Pengampu:
Dr. Dra. Arundati Shinta
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Yogyakarta
2025
Ringkasan Jurnal
Nama Jurnal Jurnal Bisnis &
Kewirausahaan Judul Jurnal Pengaruh Kualitas Layanan,
Kualitas Produk Dan Atmosfir Toko Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Tahun Terbit 2024
|
Penulis Jurnal |
Dian Retno Intan, Litna Nurjannah
Ginting, Khairul Fahmi Purba, Rahmad Suryanto Pirngadi. |
|
Latar Belakang
Masalah |
Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan bisnis ini tentunya menjadi
peluang bagus bagi para calon pengusaha. Namun di sisi lain memberikan
tekanan pada perusahaan bagaimana agar produk yang
dijual mampu menarik perhatian konsumen dan pembeli. Oleh karena itu, perlu
dilakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan
atmosfir toko terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan kafe X di Kota Medan. |
|
Tujuan
Penelitian |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan amosfir took terhadap kepuasan
dan loyalitas pelanggan kafe X di Kota Medan. |
|
Teori/ Isi |
Usaha yang dapat ditempuh oleh
pengusaha agar bisa bertahan dalam persaingan yang ketat ini adalah dengan
menciptakan strategi pemasaran yang berorientasi pada pemuasan kebutuhan dan
keinginan pelanggan. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Putro, et. al (2014)
mengenai definisi dari kepuasan pelanggan, yaitu perasaan atau penilaian
emosional pelanggan terhadap penggunaan produk dan layanan di mana harapan
pelanggan terpenuhi. Perusahaan yang ingin meraih kepuasan dan loyalitas
pelanggan haruslah mengetahui dan mempertimbangkan faktor-faktor kunci yang
mempengaruhinya. Beberapa diantaranya adalah kualitas layanan (kualitas
layanan) (Harianto & Hartono, 2013; Budiman, et al., 2013; dan Martha,
2015), kualitas produk (kualitas produk) (Budiman, et al., 2013; and Andini,
2013), dan suasana toko (atmosfir toko ) (Harianto & Hartono, 2013;
Andini, 2013; dan Martha, 2015). Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian
mengenai pengaruh dari ketiga faktor tersebut terhadap kepuasan dan loyalitas
pelanggan kafe X di Kota Medan. |
|
Metode |
Penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden 60
orang |
|
Hasil |
Variabel-variabel dalam penelitian ini akan diolah
menggunakan analisis partial least square (PLS) dengan menggunakan software
WarpPLS 7.0. Analisis PLS menggunakan tiga algoritma pendugaan, yaitu outer
model, inner model, dan pengujian hipotesis (Solimun et al. 2017). Analisis
Outer model digunakan untuk mengukur validitas dan reliabilitas indikator
yang digunakan untuk mengukur variable. |
|
Kesimpulan |
Hasil penelitian mengenai kualitas layanan, kualitas
produk, dan atmosfir toko dapat disimpulkan sebagai berikut. 1. Kualitas
layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan
indikator yang paling dipertimbangkan dalam evaluasi adalah indikator
kesigapan karyawan dalam memberikan pelayanan pada konsumen. 2. Kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan
indikator yang paling dipertimbangkan dalam evaluasi adalah indikator
tampilan makanan dan minuman yang disajikan. 3. Atmosfir toko berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan indikator yang
paling dipertimbangkan dalam evaluasi adalah indikator wangi dan aroma cafe.
4. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
konsumen dengan indikator yang paling dipertimbangkan dalam evaluasi adalah
indikator pengalaman pelayanan, dan sikap yang menunjukkan loyalitas adalah
rekomendasi atau positife word of mouth. |

0 komentar:
Posting Komentar