Esai Prestasi
Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan
Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA
Liyana Nofiasari (23310410049)
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momen spesial bagi umat islam untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Salah satu cara untuk menyambut peringatan ini adalah dengan membersihkan tempat ibadah. Nabi Muhammad SAW selalu menekankan pentingnya menjaga kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan. Dalam pelaksanaan di tempat tinggal saya di Wonosobo, Jawa Tengah, kegiatan membersihkan masjid, mushola, dan tempat mengaji ini dilakukan secara rutin setiap tahun sepanjang bulan Rabiul Awal pada hari sabtu dan minggu. Kegiatan ini dilakukan secara gotong royong oleh warga baik ibu-ibu, bapak-bapak, dan pemuda-pemudi pada semua masjid, mushola, dan tempat mengaji di RW 3. Hal ini mempererat tali silaturahmi dan gotong royong antar warga, pekerjaan yang berat akan terasa ringan jika dikerjakan bersama-sama.
Pada kesempatan kali ini, saya mendapat bagian untuk membersihkan mushola di RT 8 pada tanggal 21 September 2024. Beberapa hal perlu dibersihkan seperti karpet atau sajadah, kipas angin, jendela, tempat wudhu, WC, dll. Kami berbagi tugas bersih-bersih, saya mendapat bagian membersihkan karpet dan sajadah serta menyapu lantai, selain itu saya juga membersihkan kaca jendela bagian dalam mushola. Lantai, karpet, dan jendela yang bersih akan membuat ruangan terasa lebih nyaman dan sehat. Dengan demikian, mushola dan tempat mengaji akan selalu dalam kondisi yang baik dan nyaman untuk digunakan. Melalui kegiatan ini, kita tidak hanya menyiapkan tempat yang bersih untuk digunakan, tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan tempat ibadah. Dengan tempat ibadah yang bersih dan nyaman, kita bisa lebih khusyuk dan nyaman dalam beribadah.
Berpartisipasi dalam lomba puisi adalah sebuah pengalaman untuk mengembangkan bakat dan potensi diri. Menurut Nurfaidah (2016), lomba puisi merupakan sarana yang tepat untuk mahasiswa dalam mengembangkan daya cipta dan kreativitas dalam menulis dan berbahasa yang dituangkan dalam bentuk karya tulis. Saya berpartisipasi dalam lomba puisi yang diselenggarakan oleh Lentera Kartini yang bertema “Teman”. Puisi yang saya buat untuk lomba ini berjudul “ada dalam suka dan duka”. Lomba ini berlangsung pada 13 September 2024 – 26 September 2024 dan diumumkan pada 29 September 2024. Selanjutnya, saya juga berpartisipasi dalam lomba puisi yang diselenggarakan oleh Penerbit Banyu dengan tema “Memori”. Puisi yang saya buat dalam lomba ini berjudul “Kepingan Nostalgia”. Untuk lomba yang kedua ini diadakan pada 14 September 2024 – 27 September 2024 dan diumukan pada 30 September 2024. Sertifikat pada kedua lomba tersebut dibagikan pada bulan Oktober 2024. Dalam pembuatan puisi untuk perlombaan kali ini ada tantangannya yaitu mengendalikan emosi dan fokus saat menulis. Kemampuan saya di uji untuk mengelola pikiran dan menuangkannya dalam bentuk tulisan.
Lomba puisi menjadi wadah saya untuk mengekspresikan diri dan mengasah kepekaan terhadap hal-hal yang ada di sekitar, yang mana sesuai dengan pemaparan Setiawati & Zuniati (2020) bahwa menulis puisi menjadi aktivitas untuk menuangkan gagasan dan imajinasi berdasarkan pikiran dan perasaan. Setiap kompetisi memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya terus berkarya dan mengembangkan diri. Meskipun tidak berhasil meraih juara, pengalaman mengikuti lomba puisi memberi saya banyak pembelajaran. Menurut saya, kompetisi ini bukan hanya tentang memenangkan perlombaan, tetapi juga tentang membangun kreatifitas berpikir. Pengalaman mengikuti lomba menjadi proses pembelajaran, pengembangan diri, dan keberanian untuk terus berkarya.
Daftar Pustaka
Nurfaidah, R. (2016). Kajian Puisi dalam Kompetisi Sastra: Membangun Karakter Bangsa Melalui Puisi. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 183-190.
Setiawati, I., & Zuniati, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Model Pembelajaran Telisik (Tentukan, Analisis, Tampilkan). Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 1–13.
(N.B : Klik buka gambar untuk mendapatkan hasil jernih)




0 komentar:
Posting Komentar