PENDAMPINGAN
BELAJAR ONLINE ANAK KELAS IV SEKOLAH DASAR
NAMA
: TRI WAHYU NINGSIH
NIM
: 19310410026
DOSEN
PENGAMPU : Dr. ARUNDATI SHINTA, MA.
FAKULTAS
PSIKOLOGI
UNIVERSITAS
PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
Pandemi
Covid-19 adalah salah satu krisis terbesar di dunia kesehatan sepanjang
sejarah. Covid 19 merupakan virus yang menyebar dengan cepat, sehingga kasus
positif semakin banyak setiap harinya. Tanda dan gejala umum infeksi Covid 19
antara lain gejala gangguan pernapasan akut, seperti demam, batuk, dan sesak
napas. Masa inkubasi rata-rata adalah 5-6 hari, dan masa inkubasi terlama
adalah 14 hari. Oleh karena itu, sebagai langkah untuk antisipasi penyebaran
Covid 19, pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa tindakan, mulai dari kampanye
stay at home, social and physical distencing, pembatasan sosial skala besar
(PSBB).
Di
samping itu, kebijakan social distancing dan physical distancing untuk
meminimalisir penyebaran COVID-19 mendorong seluruh elemen pendidikan untuk
mengaktifkan kelas saat sekolah tutup. Menutup sekolah adalah langkah mitigasi
paling efektif untuk mengurangi penyebaran wabah ke siswa. Solusi yang
diberikan adalah dengan memanfaatkan berbagai fasilitas penunjang belajar di
rumah atau dengan pembelajaran online. Pembelajaran online adalah proses
pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran dengan menggunakan teknologi
internet. Pembelajaran online merupakan kegiatan belajar yang tidak perlu tatap
muka saat pelaksanaan proses belajar mengajar (Ardiansya).
Selama
Covid 19 masih berlangsung, melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah
masing-masing siswa atau melalui internet (online) dengan membawa buku atau mata
pelajaran yang disediakan sekolah. Oleh karena itu dalam hal ini tugas orang
tua adalah menjadi pengajar atau pembimbing dalam proses pembelajaran. Untuk
mempermudah pembelajaran bagi guru dan siswa, dapat menggunakan aplikasi classroom
atau grup WhatsApp.
Dengan
hal ini, saya membantu anak tetangga di Desa Minomartani yang masih Sekolah
Dasar kelas IV untuk mendampingi dan membantu mengerjakan tugas. Orangtua anak
tersebut tidak dapat mendampingi saat pembelajaran online dan tidak dapat
membantu mengerjakan tugas semuanya karena kerja. Kegiatan ini saya lakukan
setiap anak tersebut ada jadwal pembelajaran online yang diperintahkan oleh
gurunya untuk mengerjakan tugas yang sudah ada di google classroom.
Kegiatan
ini juga, saya lakukan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai
masker, mencuci tangan sebelum dimulai, dan menjaga jarak. Dengan ini, orangtua
anak tersebut sedikit ringan beban untuk mengajari anak mengerjakan tugas.
Referensi
:
Wahyu Aji
Fatma Dewi, “Dampak
Covid-19 Terhadap Implementasi
Pembelajaran Daring Di Sekolah
Dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu
Pendidikan 2, No. 1
(29 April 2020):
55 – 61,
Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i1.89.
Henry
Aditia Rigianti, “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten
Banjarnegara,” H A, 2020, 6.
P Setiawan,
(2020). Pengertian E-learning
Pengertian E-learning Menurut
Para Ahli Karakteristik
E-learning Manfaat E-learning.
Dewi,
W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di
Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1),
55-61.
0 komentar:
Posting Komentar