DOSEN BUTUH PERKUAT EMPAT
KOMPETENSI
I R W A N T O
NIM. 163104101125
FAKULTAS PSIKOLOGI UMUM
TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH PSIKOLOGI SOSIAL 2
DOSEN: Dr. ARUNDATI SHINTA, MA.
Aspek
kecakapan hidup adalah sesuatu hal yang
harus diasupkan kepada pesdik karena
tujuan pendidikan yang sebenarnya agar anak cakap dalam menjalani
hidupnya, materi pembelajaran sebatas memberikan pengerahuan,yang lebih penting
sebagai suatu sarana untuk menghantarkan pesdik menjadi cakap dalam menjalakan
hudupnya kelak setelah terjun kemasyarakat. Kecakapan hidup bukan suatu
materi pelajaran, tapi suatu aspek-aspek kehidupaan yang harus dimiliki pesdik
didapatkan dari
pengalaman yang pernah dilakukan, kecakapan hidup pesdik ini harus digali/dipupuk/dibiasakan pada saat
pelaksanaan proses pembelajaran. sehingga proses penyampaian kecakapan
hudup ini melalui/sekaligus pada saat guru menyampaikan materi ajar dengan
strategi tertentu sehingga kecakapan dapat diserap/didapatkan pesdik .Aspek-aspek ini harus dimasukaan
dalam persiapaan mengajar dan diasaat pelakasanaan proses KBM sekaligus mengakses aspek-aspek
kecakapan hidup ini. Sedangkan aspek-aspek kecakapan hidup itu adalah kecakapan hidup dapat digolongkan menjadi tiga bagian (1) Kecakapan personal (personal skill), (2) Kecakapan hidup social (sosial skill)
dan (3) Kecakapan hidup spesifik (spesifik skill).
Sisi Positif
Kompetensi
itu mencakup bidang keilmuan, sosial, kepribadian dan pedagogik. Usaha ini
tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa kemampuan pedagogikyang memadai.
Yang diinginkan seluruh dosen memiliki terobosan dan kemampuan yang bisa
membuat mahasiswa betah berlama-lama terlibat dalam banyak aktivitas akademik.
Sisi Negatif
Masih banyak dosen yang belum memiliki keempat kompetensi tersebut, cukup
hanya bisa mengajar dan memberikan tugas.
Sumber:
Anonim. (4 September 2017). Dosen butuh perkuat empat kompetensi.
Semarang Metro. Hari Senin. Halaman 22.
0 komentar:
Posting Komentar