CEGAH KEKERASAN DI SEKOLAH
I R W A N T O
NIM. 163104101125
FAKULTAS PSIKOLOGI UMUM
TUGAS INDIVIDU
MATA KULIAH PSIKOLOGI SOSIAL 2
DOSEN: Dr. ARUNDATI SHINTA, MA.
Idealnya sekolah
harus ramah anak, aman daan nyaman. Di sekolah anak belajar saling menghormati
dan menghargai teman sebayanya. Kakak kelas bersedia mengayomi dan menghasihi
adik kelasnya. Sebaliknya, adik kelas hormat dan menghargai kakak kelasnya.
Konsep sekolah ramah anak tersebut akan dapat diterapkan dengan sukses dengan
dua catatan penting yaitu (1) seluruh komponen sekolah yaitu kepala sekolah,
guru, tenaga kependidikan, siswa dan orang tua siswa harus memiliki perspektif
yang sama mengenai pendidikan ramah anak. (2) sekolah ramah anak mengharuskan
seluruh komponen sekolah mempraktikkan pendidikan tanpa kekerasan.
Sisi Positif
Adanya sanksi yang diberlakukan di sekolah baik itu
pelaku kekerasan adalah guru maupun siswa itu sendiri. Contoh: jika pelaku
kekerasan adalah guru dan tenaga kependidikan maka sekolah memberikan sejumlah sanksi
bagi pelaku, antara lain berupa teguran, lisan/tertulis (jika ringan).
Sisi Negatif
Tetapi masih banyak
kekerasan yang terjadi di bidang pendidikan terutama di kalangan siswa itu
sendiri.
Sumber:
Abdullah Aly. (4 September 2017). Cegah kekerasan di sekolah. Semarang
Metro. Hari Senin. Halaman 22.
0 komentar:
Posting Komentar