MOTIVASI
KERJA
Oleh : Chatu Septiana
NIM : 16.310.410.1155
Fakultas : Psikologi
Universitasi Proklamasi ’45 Yogyakarta
Bekerja adalah
keharusan bagi setiap orang dewasa,karena dari bekerja semua kebutuhan hidup
akan terpenuhi,tetapi dalam bekerja harus mempunyai motivasi kerja dan semangat
juang dalam bekerja.Motivasi kerja itu sendiri artinya adalah sesuatu yang
dapat menimbulkan semangat atau dorongan bekerja individu atau kelompok
terhadap pekerjaan guna mencapai tujuan. Motivasi kerja pegawai adalah kondisi
yang membuat pegawai mempunyai kemauan atau kebutuhan untuk mencapai tujuan
tertentu melalui pelaksanaan suatu tugas. Motivasi kerja pegawai akan mensuplai
energi untuk bekerja atau mengarahkan aktivitas selama bekerja, dan menyebabkan
seorang pegawai mengetahui adanya tujuan yang relevan antara tujuan organisasi
dengan tujuan pribadinya.
Untuk mengetahui apa
saja motivasi kerja seseorang,pada hari selasa tgl 18 April 2017 saya
mewawancarai seorang karyawan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Grosir Aksesoris Hp dengan inisial BK dia
bekerja sebagai marketing di perusahaan tersebut,alasan dia melamar di perusahaan
ini dan meninggalkan perusahaanya yang dulu karena menurut dia pekerjaan
barunya lebih memberikan tantangan bagi dirinya dan membuat dia lebih maju,dan
mempertebal pengalaman bekerjanya dan gaji di perusahaan ini lebih besar dar
perusahaan sebelumnnya,Tetapi di
perusahaan ini target penjualan adalah prioritas,jadi dia sebagai seorang
marketing harus mampu menjual barang sesuai target ,dan pimpinan disini tidak
mau tau barang harus terjual sesuai target yang ditentukan,tetapi jika dia bisa menembus target maka bonus besar pun menanti
dirinya,sehingga dia terus berusaha untuk meningkatkan kinerjanya agar bonus
tersebut dapat diperolehnya,hal yang paling memotivasi dia adalah tanggungan
hidupnya yang masih memiliki banyak cicilan dan keinginannya untuk segera
menikah.
Jadi kesimpulannya menurut saya untuk mencegah karyawan malas bekerja diperlukan
motivasi karyawan agar mereka bisa bangkit dan timbul rasa percaya diri. Untuk
mengatasi hal ini seharusnya pimpinan bisa memahami apa yang karyawan butuhkan
dan seberapa besar kemampuan mereka dalam menjalankan pekerjaan tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar