GURU YANG BAIK
NAMA : RIDWAN KISARAH TBN
NIM : 16.310.410.1157
MATA
KULIAH : PSIKOLOGI UMUM II
Mendefinisikan
guru yang baik tidak semudah menyebut namanya. Korthagen (2004) menyatakan
bahwa pertanyaan tentang kualitas guru yang yang baik tidak dapat dijawab
dengan mudah. Ada banyak daftar kompetensi yang dapat menjadi ukuran guru yang
baik. Guru yang baik mampu menunjukkan kongruensi antara perilaku, kompetensi,
keyakinan, identitas dan misi, serta kesesuaian hal-hal tersebut dengan lingkungannya.
Rajeev
& raghauveer (2007) di india, yang akhirnya menemukan bahwa guru yang baik
menurut mahasiswa faktor pertamanya adala guru-guru yang “ pratical and up to
date “ ( praktis dan tidak ketinggalan, faktor kedua adalah kedisiplinan guru,
dan faktor ketiga adalah antusiasme dan kedinamisan guru.
Seorang
guru yang baik harus mengetahui secara fasih namanya, karakternya dan
kemampuannya dalam menyerap mata pelajaran yang di terapkan pada siswanya.
Pendidikan
bukan hanya mengembangkan aspek kognitif saja, idealnya pendidikan dan guru
mampu membantu perkembangan siswanya secara utuh yang meliputi fisik,
psikologis, sosial dan religius siswa itu sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Susetyo, Y.F. (2011). Rahasia sukses menjadi motivator siswa. Panduan guru memotivasi siswa
dikelas. Yogyakarta: penerbit pinus
0 komentar:
Posting Komentar