Achmad Rusdiyan Yazid
153104101116
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Yogyakarta
Menentukan harga adalah penting untuk produkmu. Namun sayang sekali masih banyak orang yang menentukan harga tidak sesuai dengan kondisi pasar dan kondisi produk yang dijual itu sendiri.
Waktu itu, saya ditunjukan dengan sebuah jam tangan kayu hasil produknya. Kemudian karena tertarik, saya pun menanyakan berapa harga jam
tersebut?. "600 ribu" Katanya. Saya pun diam.
Saya pikir, harganya tidak terlalu mahal. Karena di Bandung
ada yang menjual jam terbuat dari kayu dengan harga juta-an. Namun, saya
juga tahu di salah satu website jual beli ada jam tangan kayu yang dibandrol dengan
harga 300rb-an. Dua jam tangan ini sama-sama sudah cukup terkenal. Lalu apa
hubungannya dengan pentingnya menentukan harga?
Menentukan harga untuk sebuah produk adalah salah satu hal
yang penting bagi produsen. Karena tentu saja selain untuk menentukan selisih biaya
produksi dan harga jual yang nantinya diketahui berapa keuntungannya. Namun,
menurut saya seorang produsen sebaiknya tidak hanya menentukan harga dari
sekedar harga jual dikurangi biaya produksi.
Kenapa? Karena, kita perlu yang namanya biaya promosi. Sebelum
menentukan biaya promosi, kita juga perlu menentukan target pasar. Kemudian kita
perlu menentukan model distribusi. Dan hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan
untuk menentukan sebuah harga.
Sebelum dibahas lebih jauh. Bagaimana cara kita menentukan harga
diawal, bisa diartikan sebagai cara kita melihat peluang produk saat ini dan nanti.
Biaya Promosi
Kita mulai dari biaya promosi, biaya promosi bisa dari nol
rupiah sampai jutaan rupiah. Ini tergantung bagaimana kita memulai memasarkan
sebuah produk. Biaya promosi bisa sangat dinamis, menyesuaikan dengan
perkembangan sebuah produk dan pasar. Namun, meskipun begitu sebaiknya model
dan biaya promosi sudah dimasukan dalam rencana bisnis. Dari sebelum memulai
sampai 1-2 tahun kedepan. Harga produk yang ideal tentu saja sudah termasuk
biaya promosi, tidak hanya biaya produksi semata.
Biaya Distribusi
Biaya distribusi ini menyangkut dengan model distribusi yang
akan kita pakai. Misal, kita distribusikan lewat reseller atau agen. Makan kita
perlu membuat harga khusus untuk reseller dan agen. Artinya harganya lebih
murah daripada harga langsung ke end user atau ecer.
Biasanya reseller dan agen kita kasih minimal order, jadi
keuntungan kita dari akumulasi penjualan produk. Artinya kita perlu menentukan
harga agen, reseller, dan retail. Ini juga berlaku untuk distribusi melalui
pasar-pasar atau toko-toko. Perlu dihitung berapa biaya operasional untuk
sampai pada end user.
Menentukan harga end user juga berpengaruh pada reseller
atau agen. Karena jika produk kita dianggap mahal, barang susah terjual dan
otomatis reseller tidak mau lagi menjual barang kita.
***
Kembali pada AN yang menjual jam tangannya dengan harga 600
ribu. Menurut saya, harganya masih dibilang wajar. Namun, dibandingkan dengan
produk lain yang sudah cukup terkenal dan terlebih harganya lebih murah. Menurut saya,
lebih baik saya membeli jam yang lebih murah tersebut. Kenapa? Karena jelas
merk tersebut memang produsen jam tangan. Sedangkan AN, saya lihat tidak fokus pada produksi jam tangan. Selain itu, meskipun harga jam tangan AN lebih mahal,
tapi saya belum melihat kelebihannya jika dibandingkan dengan jam yang harganya 300ribuan.
Seringkali kita menentukan harga hanya berdasarkan pada
harga pasaran yang sudah ada. Harga dibuat lebih rendah, asal sudah untung. Tidak
dipikirkan biaya promosi, kemasan dan bagaimana distribusinya. Ini yang sering
membuat sebuah produk akhirnya tidak bertahan lama.
Meskipun lebih murah, namun tidak dibarengi dengan membangun kepuasan dan kepercayaan konsumen. Berbeda jika kita memberikan harga murah
namun dibarengi dengan menambah nilai-nilai barang yang membuat konsumen puas
dan melakukan repeat order.
Bahkan seringkali muncul anggapan bahwa barang yang mahal
pasti kualitas lebih bagus daripada barang dengan harga yang lebih murah. Nah,
kalau begini apa gak rugi memberikan harga murah tanpa dibarengi dengan
strategi marketing yang bagus?
Menentukan harga memang penting dan prosesnya gampang-gampang susah.
0 komentar:
Posting Komentar