METODE
PEMBELAJARAN NILAI-NILAI AGAMA
ANAK
USIA DINI DI TK ABA YOGYAKARTA
Sebagai:
Presenter
Dalam acara Call For Paper dengan tema “ Peran Lingkungan
Terhadap Kesejahteraan Psikologi Anak “
Di selenggarakan pada Tanggal 18 November 2017
Di Universitas Aisyiyah Yogyakarta
I R W A N T O
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dalam
pembelajaran anak biasanya dimulai dari keluarga, orangtualah biasanya
memberikan bimbingan serta mengembalikan kepada fitrahnya supaya menjadi
pribadi yang memiliki nilai moral yang baik serta berguna bagi bangsa dan
negara. Semakin maraknya remaja bahkan anak-anak yang melakukan
tindakan-tindakan yang negatif yang tidak menguntungkan atau merugikan diri
sendiri maupun orang lain disekitarnya, seperti munculnya sikap-sikap
membangkang terhadap orang yang lebih tua maupun teman sebaya yang akhirnya
akan berujung pada kenakalan remaja. Maka jalan yang harus ditempuh adalah
memberikan bekal keagamaan yang cukup sejak dini. Terutama nilai-nilai agama
Islam yang mampu memberikan bekal moral kepada seseorang. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui secara deskriptif mengenai metode pembelajaran
nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini di TK ABA Yogyakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di TK ABA di Jl. Kaliurang
KM 8, Sidomulyo No. 6, Pojok Tiyasan, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode
kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam. Subjek pada
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua peserta didik TK ABA Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi (pengamatan), wawancara (interview)
dan dokumentasi. Instrumen dalam
penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, teknik analisis data yang digunakan
adalah metode interaktif Miles dan Huberman yang terdiri reduksi data,
penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Dalam penelitian ini ditemukan hasil
penelitian metode pembelajaran nilai-nilai agama Islam pada anak usia dini di
TK ABA Yogyakarta yaitu (1) Untuk nilai keimanan,
pendidikan nilai keimanan yang ditanamkan pada anak didik di TK ABA Yogyakarta adalah Rukun Iman: berdasarkan hasil
wawancara dengan salah satu guru TK ABA Yogyakarta maka
dapat diketahui bahwa metode yang dipakai adalah metode bernyanyi, metode
cerita, metode tanya jawab dan metode tadabur alam. (2) Untuk nilai Ibadah,
pendidikan nilai ibadah yang ditanamkan pada anak didik di TK ABA Bangsa Yogyakarta adalah shalat, puasa dan do’a
sehari-hari: metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi tentang
ibadah adalah metode keteladanan dan metode pembiasaan. (3) Untuk nilai Akhlak,
pendidikan nilai akhlak yang ditanamkan pada anak didik di TK ABA Yogyakarta adalah Akhlak kepada Allah, Akhlak kepada
orang tua dan guru, akhlak kepada lingkungan dan sesama: dalam
menginternalisasikan nilai akhlak kepada anak didik, guru di TK ABA Yogyakarta menggunakan metode yang dianggap cocok
metode tersebut yaitu metode keteladanan dan metode pembiasaan.
Dokumentasi
0 komentar:
Posting Komentar