INGIN
MENGETAHUI MAGISTER PROFESI PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
(Ruang
Lingkup Psikologi Industri dan Organisasi)
IRWANTO
NIM. 163104101125
Fakultas Psikologi
Pelaksanaannya pada tanggal 28 Juli 2017
Istilah psikologi industri dan organisasi merupakan
terjemahan dari Industrial and Organizationa Psychology. Perlu
ditambahkan bahwa industri tidak hanya terjemahan dari industry tetapi mencakup juga pengertian business (perusahaan). Selain itu psikologi industri dan organisasi
merupakan hasil perkembangan psikologi umum, psikologi eksperimen dan psikologi
khusus. Ruang lingkup PIO adalah sebagai berikut:
1. Psikologi
Industri dan Organisasi Mempelajari Perilaku Manusia. Yang dimaksudkan dengan
perilaku manusia adalah segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia, baik yang secara
langsung dapat diamati, seperti berjalan, melompat, menulis, duduk, berbicara
dan sebagainya. Maupun yang tidak dapat diamati secara langsung, seperti
berpikir, perasaan, motivasi dan sebagainya.
2. Perilaku
Manusia Dipelajari Dalam Perannya Sebagai Tenaga Kerja dan Sebagai Konsumen.
Manusia dipelajari dalam interaksi dengan pekerjaannya, dengan lingkungan fisik dan lingkungan psiko-sosialnya di pekerjaannya. Sebagai tenaga kerja manusia menjadi anggota organisasi industri dan sebagai konsumen ia menjadi pengguna dari produk atau jasa dari organisasi perusahaan.
Manusia dipelajari dalam interaksi dengan pekerjaannya, dengan lingkungan fisik dan lingkungan psiko-sosialnya di pekerjaannya. Sebagai tenaga kerja manusia menjadi anggota organisasi industri dan sebagai konsumen ia menjadi pengguna dari produk atau jasa dari organisasi perusahaan.
3. Perilaku
Manusia Dipelajari Secara Perorangan dan Secara Kelompok. Dalam organisasi ada
unit kerja. Unit kerja yang besar terdiri dari unit kerja yang lebih kecil dan
masing terdiri dari unit kerja yang lebih kecil lagi.dalam hubungan ini
dipelajari bagaimana dampak satu kelompok atau unit kerja terhadap perilaku
seorang tenaga kerja dan sebaliknya, juga dipelajari sejauh mana struktur, pola
dan jenis organisasi mempengaruhi tenaga kerjanya, terhadap kelompok tenaga
kerja dan terhadap seorang tenaga kerja.
4. Tentang
konsumen dapat berbentuk, sejauh mana ada reaksi yang sama dari kelompok
konsumen dengan ciri-ciri tertentu terhadap iklan suatu produk. Berdasarkan
temuan dikembangkan teori aturan atau hukum dan prinsip yang dapat diterapkan
kembali kedalam kegiatan industri dan organisasi untuk kepentingan tenaga
kerja, konsumen dan organisasinya dan untuk menguji ketepatannya. Contohnya
ditemukannya data tentang perbedaan manager yang berhasil dan yang tidak.
0 komentar:
Posting Komentar