PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA
NAMA
: RIDWAN KISARAH TBN
NIM
: 16.310.410.1157
MATA
KULIAH : PSIKOLOGI UMUM II
Anak adalah pusat
pendidikan dan pembelajaran dalam keluarga. Pendidikan yang diberikan oleh
orang tua pada anak hendaknya berorientasi pada kebutuhan anak sebagai makhluk
biopsikososialreligius serta menggunakan cara-cara yang sesuai dengan
perkembangan anak, baik perkembangan fisik biologisnya, perkembangan psikisnya,
perkembangan sosialnya serta perkembangan religiositasnya.
Teori
Piaget menyatakan bahwa dua proses yang mendasari perkembangan anak antara lain
organisasi dan adaptasi. Untuk memahami dunia, kita
mengorganisasikanpengalaman-pengalaman kita. Dengan mengorganisasikan
pengamatan dan pengalaman kemudian kita menyesuaikan(adaptasi) pemikiran kita
dengan ide-ide baru.Piaget percaya bahwa manusia beradaptasi dalam dua cara
yakni asimilasi dan akomodasi.Asimilasi terjadi saat anak
menggabungkaninformasi ke dalam pengetahuan yang telah mereka miliki. Akomodasi
terjadi bila anak menyesuaikan pengetahuan mereka agar cocok dengan informasi
dan pengalaman baru.
Institusi
pendidikan adalah gambar menciptakan pembelajaran individual yang relevan,
pengembangan karakter, religiusitas dan kemandirian dimulai dari diri sendiri.
Peran
pengembangan karakter ini diperlukan pengawasan orang tua, guru, tokoh pemuka
agama dilingkungannya.
DAFTAR PUSTAKA
Kementrian Pendidikan Nasional. (2001) Naskah Akademik Pendidikan Karakter Di
Perguruan Tinggi. Jakarta: direktorat jendral pendidikan tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar