13.11.25

ESSAI 1 MERINGKAS JURNAL

JURNAL MEMBANGUN TRADISI ENTERPRENURSHIP PADA MASYARAKAT 


Nama: Dwita Astria Bagre 

Nim: 21310410014 

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi 

Tugas : ESSAI 1 Meringkas Jurnal 

Dosen : DR. ARUNDATI SHINTA, M.A 


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI 

FAKULTAS PSIKOLOGI 45 

YOGYAKARTA 

2025 


Entrepreneurship menjadi salah satu jalan yang paling efektif di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Setiap kali orang membahas Entrepreneurship atau kewirausahaan memberikan banyak sekali definisi. Secara garis besar diartikan sebagai kemampuan individu dalam menciptakan peluang ekonomis dari sebuah ide, usaha baik skala kecil maupun skala besar.  

Sehingga jiwa membangun pada diri sendiri, keluarga, lingkungan itu sangat cepat dan di minati, karena jiwa membangun dan menumbuhkan yang berkelanjutan sesuai tradisi, semua tidak instan namun ada pada diri sendiri maupun masyarakat. Karena jiwa enterprenur dimulai dari keluarga, lingkungan, dimana tempat pertama kali manusia belajar dan membangun serta membentuk karakter. Tradisi keluarga mengarahkan manusia berjiwa mandiri, inovatif, kreatif, pantang menyerah, dan ulet. Selanjutnya adalah pendidikan yang dominan mengarahkan jiwa entrepreneur untuk memilih profesi entrepreneurnya sendiri. Kemudian ada dukungan pemerintah terhadap kalangan enterprenuer muda yang mulai berkembang di zaman modern ini, melaju pesat, membutuhkan banyak bimbingan yang harus ada untuk menjamin tumbuh kembang dalam pendanaan UMKM yang ada dan di buat untuk melangsungkan Jiwa Enterpreunrya. Ketiga tradisi yang diciptakan dari keluarga, pendidikan serta pemerintah mampu mendorong tumbuhnya tradisi entrepreuner pada masyarakat.   

Seseorang memiliki kewirausahaan tentu memiliki motivasi atau mimpi yang tinggi, (need of achievement) berani mencoba (risk taker), innovative dan independece. Kemudian bila dinamis kegiatan ekonomi bisnis ini dapat bertahan maka akan menjadi fondasi yang kuat (resilience).

Bentuk kegiatan bisnis baru yang dilakukan buat para enterprenur yang di jalankan terlahir berbagai bisnis baru yang ada dan bisa di lakukan seperti: 

A. Impor dan Ekspor produk dan Jasa 

B. Sebagai Hasil Bahan Baku

C. Terciptanya Skala kecil dan Tengah bagi pengusaha mikro. 

D. Munculnya berbagai jenis usaha atau kegiatan bisnis yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Indonesia masih sangat perlu melahirkan generasi-generasi muda yang mempunya mimpi dan motivasi yang besar untuk kemajuan Ekonomi yang ada di kalangan dunia Internasional.  Karena program impor dan ekspor untuk produk dan jasa itu sangat berarti untuk kelangsungan hidup suatu daerah, atau negara yang memang ingin berkembang dan maju, sehingga para enterprenur muda ini sangat benar-benar mempunyai mimpi dan motivasi yang besar untuk bangkit, menjadi orang yang mendapatkan keuntungan dan memberikan keuntungan bagi orang lain juga.  Perjual beli hasil bahan baku dan juga berlomba-lomba untuk membuka usaha kecil-kecil yang ada di lingkungan keluarga, masyarakat, pemerintah maupun Go Internasional. 


Daftar Pustaka: 

• Frinces, Z. Heflin. 2010. Pentingnya Profesi Wirausaha Di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 7 Nomor 1, April 2010. STIE Mitra Indonesia Yogyakarta. 

• Maguni, Wahyudin. 2014. Konsep pendidikan kewirausahaan di masyarakat dalam membangun ekonomi. Jurnal Ilmiah Al Adl. Vol. 7 No. 1, Januari 2014 

• Sukidjo. 2011. Membudayakan Kewirausahaan, WUNY Majalah Ilmiah Populer Tahun XII, Nomor 1, Januari, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogajakarta. 

0 komentar:

Posting Komentar