13.11.25

ESAI 1 PSIKOLOGI INOVASI

 ESAI 1-PSIKOLOGI INOVASI
KELAS SPSJ
DOSEN PENGAMPU : Dr.ARUNDATI SHINTA, M.A

CHRISTINA ANGELINE NATALIA M
24310420060
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Topik

Panduan menjadi wirausaha sukses dengan berfokus pada penerapan strategi komunikasi yang efektif dalam bisnis.

Sumber

Nisa, I. R., & Subhan, R. (2024). Wirausaha Sukses Melalui Strategi Komunikasi yang Efektif dalam Bisnis. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 7(1), 70-80. 

Perma- salahan

Seiring kemajuan zaman, tantangan bagi individu yang ingin memulai bisnis baru (wirausaha) turut meningkat. Saat ini, jumlah wirausahawan yang memiliki pandangan jauh ke depan dan inovatif masih terbatas. Oleh karena itu, wirausaha sangat memerlukan strategi yang efektif dan efisien untuk berhasil. Penelitian ini didasari oleh pentingnya ketersediaan sebuah panduan atau rujukan yang dapat diikuti untuk menjadi wirausaha sukses, khususnya melalui penerapan strategi komunikasi yang efektif.

Tujuan penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gambaran mengenai usaha yang sukses melalui dua elemen utama yaitu panduan menjadi wirausaha dan strategi komunikasi yang efektif dalam bisnis.

 

Isi

Untuk menjadi wirausaha sukses, 10 kunci utama meliputi ide bisnis yang jelas, riset pasar, dan rencana bisnis komprehensif. Wirausaha juga harus memilih model bisnis yang tepat, membangun jaringan, mengelola keuangan, dan mengembangkan keterampilan manajemen. Kunci lainnya adalah kemampuan beradaptasi dan inovasi, konsistensi, serta evaluasi kinerja berkelanjutan.

Kesuksesan ini juga bergantung pada 10 strategi komunikasi efektif, seperti menetapkan tujuan, memahami audiens, dan menggunakan beragam saluran. Pesan harus disampaikan dengan jelas, konsisten, dan memberi nilai tambah. Strategi penting lainnya adalah komunikasi dua arah, penggunaan cerita (storytelling), konsistensi branding, penjadwalan teratur, serta evaluasi dan koreksi berkelanjutan.

Metode

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif non-deskriptif. Metode ini diterapkan dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber literatur, seperti jurnal, buku, dan kajian pustaka lainnya. Prosesnya melibatkan pengumpulan data literatur melalui pencarian dan seleksi sumber, diikuti dengan analisis data yang mencakup pemahaman konsep, penyusunan kategori, analisis tematik, dan sintesis informasi.

Hasil

Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjadi wirausaha sukses, diperlukan pemahaman mendalam tentang ide bisnis yang jelas, riset pasar, dan rencana bisnis yang komprehensif. Selain itu, penting juga untuk memilih model bisnis yang tepat, membangun jaringan kontak yang luas, dan mengelola keuangan dengan hati-hati. Wirausaha juga dituntut untuk memperkuat keterampilan manajemen serta bersikap fleksibel dalam menghadapi perubahan dan inovasi. Strategi komunikasi yang efektif ditemukan menjadi kunci dalam membangun hubungan yang kuat dengan karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Dikusi

Kewirausahaan bukan sekadar pekerjaan, melainkan sebuah pola pikir. Strategi bisnis yang paling utama adalah komunikasi. Terdapat beberapa poin vital dalam strategi komunikasi: kemampuan komunikasi itu sendiri sangat penting, perlunya diversifikasi strategi dan pemilihan saluran yang tepat, pesan harus jelas dan konsisten untuk memperkuat merek , serta pentingnya memberikan nilai tambah kepada audiens. Terakhir, wirausaha harus secara rutin mengevaluasi dan menyesuaikan strategi komunikasi mereka agar tetap efektif di pasar yang dinamis. Menerapkan strategi ini dapat memperkuat citra bisnis dan meningkatkan peluang keberhasilan.

 


0 komentar:

Posting Komentar