MATA KULIAH : Psikologi inovasi
DOSEN PENGAMPU : DR.Arundati Shinta, M.
NAMA : Widi purbaningsih
NIM : 233104110009
KELAS :kelas sp karyawan
PENGARUH MOTIVASI,KREATIFITAS DAN INOVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA STIE MUHAJIDIN TOLITOLI
Tingkat pengangguran terbuka di Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Februari 2020 sebesar 2,93 persen, meningkat menjadi 3,73 persen pada Agustus 2020. Sementara itu, di Kabupaten Tolitoli, tingkat pengangguran terbuka juga meningkat dari 3,18 persen pada 2018 menjadi 3,74 persen pada 2020.
Dari hasil observasi pra penelitian kepada 30 orang responden, mahasiswa yang berminat
berwirausaha hanya sebanyak 12 orang sisanya masih banyak faktor-faktor yang
dipertimbangkan mahasiswa sehingga menyebabkan mahasiswa kurang berminat wirausaha,
sebagian besar mahasiswa lebih menyukai jalan aman dari pada tantangan untuk berwirausaha,
mahasiswa hanya sibuk memikirkan tugas kuliah saja sehingga tidak ingin menambah kegiatan
lain di luar jam kuliah selain itu pemikiran menjadi pegawai lebih baik dari pada berwirausaha
juga salah satu faktornya, masalah psikologis itu merupakan turunan dari pemikiran para orang
tua yang lebih bangga keluarganya jadi pegawai negeri /swasta dari pada berwirausaha. Padahal
STIE Mujahidin sudah memberikan dukungan terhadap mahasiswa melalui program-program
berupa pengetahuan baik secara teori maupun praktek.
Motivasi
Menurut T. Hani Handoko (2015:252) Mengemukakan bahwa motivasi adalah: “Keadaan
pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna
mencapai tujuan”. Menurut H. Hadari Nawawi (2003:351) Pengertian dari motivasi adalah:
“Suatu keadaan yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan sesuatu perbuatan
atau kegiatan yang berlangsung secara sadar”.
Dimensi motivasi Venesaar (2006) “menjelaskan bahwa motivasi seseorang menjadi wirausaha
dibagi dalam tiga dimensi, yaitu ambition for freedom (ambisi kemandirian), selfrealisation
(realisasi diri), pushing factors (faktor pendorong)”.
Kreativitas
Kreativitas (Creativity) menurut Webster adalah “kecakapan memunculkan sesuatu yang baru,
oleh Webster ditegaskan bahwa kreativitas merupakan sebuah proses mental yang melibatkan
pemunculan ide-ide dan konsep-konsep baru, atau hasil kombinasi baru antara ide-ide dan
konsep-konsep yang ada”.
Dimensi kreativitas berdasarkan yang digunakan oleh Hadiyati (2014:33) yaitu memiliki rasa
ingin tahu, optimis, fleksibel, mencari solusi dalam masalah, orisinil dan suka berimajinasi.
Setiap dimensi kreativitas yang digunakan terdapat beberapa indikator yang akan memperjelas
dimensi tersebut.
Inovasi
Menurut Suryana (2014:54), “inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas menjadi
sesuatu yang dapat diimplementasikan dan memberikan nilai tambah atas sumber daya yang
dimiliki. Inovasi merupakan timbulnya sesuatu hal yang baru, misalnya berupa sebuah ide baru,
sebuah teori baru, sebuah hipotesis baru, atau sebuah metode baru untuk manajemen sebuah
organisasi dan usaha”.
Dimensi inovasi yang akan digunakan adalah product innovation (inovasi produk), process
innovation (inovasi proses), market innovation (inovasi pasar), Soleh (2014:74). Setiap dimensi
inovasi yang digunakan terdapat beberapa indikator yang akan memperjelas dimensi tersebut.
Minat Berwirausaha
Menurut Fuadi (2009:93), “Minat berwirausaha adalah keinginan, ketertarikan, serta kesediaan
untuk bekerja keras atau berkemauan keras untuk berusaha secara maksimal untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut dengan resiko yang akan terjadi, serta berkemauan
keras untuk belajar dari kegagalan. Kesimpulannya seseorang yang mimiliki minat
berwirausaha berarti memiliki rasa percaya diri, dapat mengambil resiko, kreatif dan inovatif,
disiplin dan kerja keras, berorientasi ke masa depan, memiliki rasa ingin tahu, jujur dan
mandiri”.
Untuk mengatasi masalah pengangguran, berwirausaha dapat menjadi salah satu alternatif. Wirausaha dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan tidak perlu mengandalkan orang lain.
Penelitian di STIE Mujahidin Tolitoli menunjukkan bahwa motivasi, kreativitas, dan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
- Motivasi, kreativitas, dan inovasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa (81%).
- Motivasi berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
- Kreativitas berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
- Inovasi berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa.
Saran untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa:
- Mahasiswa perlu menggali potensi diri dengan banyak belajar dan mengikuti seminar mengenai wirausaha.
- Mahasiswa perlu mengikuti kompetisi atau pelatihan untuk mengembangkan kreativitas.
- Kampus STIE Mujahidin Tolitoli perlu meningkatkan pembelajaran terkait kewirausahaan baik secara teori maupun praktek.
DAFTAR PUSTAKA
Noviasari Devi, 2016 (“Analisis Pengaruh Kualitas Pembelajaran
Kewirausahaan, Kreativitas Inovasi, dan Modal Sosial Terhadap Minat Wirausaha
Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Siswa Smk N 3
Semarang)”Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Pandanaran Semarang)

0 komentar:
Posting Komentar