Meringkas Jurnal Entrepreneurship
Joo Adam Felix Nadapdap (25310420008)
Mata kuliah Psikologi Inovasi
Dosen pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
|
Topik |
Dampak Pendidikan entrepreneurship dalam mambentuk karakter
entrepreneur mahasiswa. |
|
Sumber |
Helisia Margahana, STIE Trisna Negara Sumatra selatan (X) |
|
Permasalahan |
Sulitnya menurunkan jumlah kemiskinan dan pengangguran di Indonesia
yang perlu diselesaikan, jika masalah ini tidak segera diselesaikan akan jadi
penghambat Indonesia menjadi negara maju. (bagus) |
|
Tujuan Penelitian |
Jurnal ini bertujuan untuk membentuk karakter entrepreneur pada
mahasiswa agar dapat menumbuhkan atau menciptkan lapangan pekerjaan bagi
orang lain sehingga Indonesia menjadi dekat untuk menjadi negara maju |
|
Isi |
Penelitian entrepreneurship ini berisi tentang kemampuan orang untuk
melahirkan kesempatan ekonomis dari sebuah kretifitas dalam bentuk usaha oleh
sebab itu sebelum memulai menjadi seorang entrepreneur ketahuilah dulu apa
potensi yang ada pada diri sendiri, karna entrepreneurship dapat meningkatkan
kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan idenya |
|
Metode |
Dalam Penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kajian
pustaka (Literatur Review) untuk menelaah topik yang diangkat Kegiatan yang
dilakukan dalam kegiatan pustaka meliputi membaca, menelaah dan mencari bahan
pustaka, laporan-laporan hasil penelitian berupa jurnal- jurnal yang berisi
teori- teori yang ada hubungannya dengan penelitian. Maksud kajian pustaka
ini adalah untuk memecahkan adanya problem pada pemecahan yang mendalam serta
kritis dengan bahan-bahan pustaka yang erat hubungannya. Kegiatan Pustaka ini
dilakukan dengan jalan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber pustaka yang diperlukan sebagai sumber pemikiran guna mencari ide baru berupa dasar untuk melakukan deduksi dari pengetahuan yang sudah ada, dan
pada akhirnya teori baru berupa kerangka dapat di kembangkan. Pada suatu
penelitian ilmiah suatu kajian pustaka adalah bagian penting dari keseluruhan
langkah metode penelitian. Penelitian kepuastakaan merupakan penelitian kualitatif karena dilakukan tidak dengan cara
langsung ke lapangan untuk menemukan sumber datanya. Kajian pustaka (literatur
review) dapat diartikan berdasarkan hasil tulisan atau karya tulis, juga
hasil penelitian baik yang sudah atau belum dipublikasikan. Jadi sumber-sumber pustaka yang diperoleh dalam tulisan ini berasal dari buku, jurnal dan artikel
yang ada hubungannya. Pembuatan literatur review meliputi tahapan pertama
adalah sumber- sumber yang dijadikan sebagai literature review dan sejalan
dengan tulisan. Tahap kedua yaitu isi yang dimuat disesuaikan dalam
sumber-sumber pustaka yang ada. Tahapan ketiga isi sumber harus dibuat
ringkasan. Tahapan terakhir pemikiran baru dan gagasan perlu terus digali
sebagai kajian bahan untuk penelitian berikutnya. |
|
Hasil |
Berdasarkan hasil maka dapat ditarik kesimpulan : Entrepreneurship
merupakan suatu inovasi serta kreatifitas untuk menggunakan kesempatan dalam
melahirkan perubahan yang menimbulkan nilai positif bagi dirinya dan orang
sekitarnya. Pendidikan entrepreneurship sangat urgen untuk ditegakkan pada
semua universitas atau perguruan tinggi di seluruh jurusan atau program
studi, agar mahasiswa mempunyai karakter entrepreneur yang tinggi. Adanya
pendidikan entrepreneurship di perguruan tinggi diharapkan dapat menyiapkan
mahasiswa untuk berani mandiri, tidak lagi terfokus untuk mencari kerja
tetapi sebaliknya untuk membuka atau menciptakan lapangan kerja bagi orang
lain. |
|
Diskusi |
Adanya pendidikan entrepreneurship yang diterapkan di perguruan
tinggi maka akan menjadikan jumlah entrepreneur semakin bertambah di negara
kita. Karena salah satu ciri negara maju apabila di dalam negara tersebut
memiliki banyak entrepreneur dan Penerapan pendidikan entrepreneur pada
seluruh mahasiswa pada akhirnya dapat membantu pemerintah untuk menekan
pengangguran dan angka kemiskinan penduduk. Dengan demikian cita-cita bangsa
Indonesia menjadi negara maju akan segera dapat terwujud. Agar pendidikan
entrepreneurship lebih baik lagi penerapannya, maka sebaiknya pembelajaran
untuk mata kuliah entrepreneurship pada semua jurusan atau program studi di
perguruan tinggi diberikan kepada para mahasiswa sejak awal perkuliahan.
Dengan demikian sejak awal diharapkan jiwa entrepreneur telah terpatri dengan
kuat dalam diri setiap mahasiswa. Agar setiap perguruan tinggi dapat sering
mengadakan kunjungan ke lapangan dengan mengajak para mahasiswanya untuk mengunjungi
tempat-tempat industri besar yang melibatkan banyak pekerja, sehingga
mahasiswa dapat secara nyata melihat para entrepreneur yang sukses dan
Hendaknya Perguruan Tinggi pada periode tertentu dapat mendatangkan
entrepreneur-entrepreneur sukses ke kampus untuk memberikan motivasi dan
membagi pengalaman kepada para mahasiswa misalnya pada acara dies natalis,
seminar, wisuda dan sebagainya, lebih baik lagi bila yang di datangkan adalah
para alumni dari kampus tersebut yang telah sukses menjadi entrepreneur. |

0 komentar:
Posting Komentar