Tugas Esai 1 Meringkas Jurnal Entrepreneurship
Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Pada Siswa Menengah Kejuruan Melalui Proyek Based Learning di SMKN 2 Jombang
Mata Kuliah : Psikologi Inovasi
Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, M. A.
|
Topik |
Entrepreneurship,
Project Based Learning, Pendidikan Vokasi |
|
Sumber |
Janna, S. A. N. & Muna, N. E. (2025). Pengembangan jiwa Entrepreneurship pada Siswa Menengah Kejuruan, Melalui Proyek Based Learning di SMKN 2 Jombang. QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1081-1090 |
|
Permasalahan |
Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) idealnya tidak hanya mencetak lulusan yang siap
kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Namun, pada
kenyataannya banyak siswa SMK yang masih berpikir untuk mencari pekerjaan. Hal
ini menunjukan bahwa jiwa entrepreneurship siswa masih rendah, salah satu
penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara
aktif dan belum memberi kesempatan untuk berlatih berpikir secara kreatif
serta mandiri. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat
mengasah kemampuan tersebut, yaitu Project-Based Learning sebagai
salah satu alternatif yang dianggap mampu membantu siswa mengembangkan jiwa entrepreneurship
melalui kegiatan belajar berbasis proyek nyata. |
|
Tujuan
Penelitian |
Tujuannya
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Project-Based
Learning dapat mengembangkan jiwa entrepreneurship siswa di SMKN 2
Jombang. |
|
Isi |
Penelitian
ini menjelaskan bahwa Project-Based Learning adalah metode pembelajaran
yang melibatkan siswa dalam suatu proyek yang dirancang untuk memecahkan
masalah nyata. Siswa dituntut untuk berperan aktif mulai dari perencanaan,
pelaksanaan, hingga evaluasi hasil proyek. Proses ini melatih siswa berpikir
kritis, berinisiatif, dan berani mengambil keputusan. Melalui kegiatan
tersebut, siswa juga belajar bekerja sama, bertanggung jawab, serta memahami
alur pembuatan produk yang bisa dikembangkan menjadi peluang usaha. Dengan begitu,
Project-Based learning bukan hanya meningkatkan keterampilan, tapi
juga membangun jiwa entrepreneurship pada diri siswa. |
|
Metode |
Menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Data di kumpulkan melalui observasi
terhadap kegiatan belajar, wawancara dengan guru dan siswa, serta
mendokumentasi kegiatan proyek. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, agar hasil yang diperoleh
dapat menggambarkan dampak nyata terhadap pengembangan jiwa entrepreneurship
siswa. |
|
Hasil |
Hasil
dalam penelitian menunjukan bahwa penerapan Project-Based Learning di
SMKN 2 Jombang memberikan dampak positif terhadap peningkatan jiwa entrepreneurship.
Siswa menjadi lebih aktif, kreatif, serta berani menyampaikan ide-ide baru. Siswa
juga terlihat lebih percaya diri dalam mempresentasikan hasil proyek dan
lebih mandiri dalam mengambil keputusan. Selain itu, guru menilai metode ini dapat
menghidupkan suasana belajar yang lebih dinamis dan relevan dengan kebutuhan
dunia kerja |
|
Diskusi |
Penelitian
ini menegaskan bahwa Project-Based Learning dapat menjadi pendekatan
efektif untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship siswa di SMKN 2 Jombang. Melalui
pembelajaran proyek nyata, siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga
mengalami prosesnya secara langsung. Meski demikian, penerapan metode ini
tetap membutuhkan dukungan fasilitas yang memadai, peran guru yang kompeten
sebagai pendamping, serta kerja sama dengan dunia industri agar pembelajaran
lebih terarah dan realistis. Dengan hal itu, Project-Based Learning
berpotensi kuat untuk menciptakan lulusan SMK yang inovatif, mandiri, siap
bersaing dalam dunia kerja dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. |

0 komentar:
Posting Komentar