2.11.25

Esai 1 - Meringkas Jurnal Entrepreneurship

Tugas Esai 1 Meringkas Jurnal  Entrepreneurship

Pengembangan Jiwa Entrepreneurship Pada Siswa Menengah Kejuruan Melalui Proyek Based Learning di SMKN 2 Jombang

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, M. A.



Ayu Safira (25310420002)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

November 2025

Topik

Entrepreneurship, Project Based Learning, Pendidikan Vokasi

Sumber

Janna, S. A. N. & Muna, N. E. (2025). Pengembangan jiwa Entrepreneurship pada Siswa Menengah Kejuruan, Melalui Proyek Based Learning di SMKN 2 Jombang. QOSIM: Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1081-1090

Permasalahan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) idealnya tidak hanya mencetak lulusan yang siap kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Namun, pada kenyataannya banyak siswa SMK yang masih berpikir untuk mencari pekerjaan. Hal ini menunjukan bahwa jiwa entrepreneurship siswa masih rendah, salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif dan belum memberi kesempatan untuk berlatih berpikir secara kreatif serta mandiri. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan tersebut, yaitu Project-Based Learning sebagai salah satu alternatif yang dianggap mampu membantu siswa mengembangkan jiwa entrepreneurship melalui kegiatan belajar berbasis proyek nyata.

Tujuan Penelitian

Tujuannya dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Project-Based Learning dapat mengembangkan jiwa entrepreneurship siswa di SMKN 2 Jombang.

Isi

Penelitian ini menjelaskan bahwa Project-Based Learning adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu proyek yang dirancang untuk memecahkan masalah nyata. Siswa dituntut untuk berperan aktif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi hasil proyek. Proses ini melatih siswa berpikir kritis, berinisiatif, dan berani mengambil keputusan. Melalui kegiatan tersebut, siswa juga belajar bekerja sama, bertanggung jawab, serta memahami alur pembuatan produk yang bisa dikembangkan menjadi peluang usaha. Dengan begitu, Project-Based learning bukan hanya meningkatkan keterampilan, tapi juga membangun jiwa entrepreneurship pada diri siswa.

Metode

Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data di kumpulkan melalui observasi terhadap kegiatan belajar, wawancara dengan guru dan siswa, serta mendokumentasi kegiatan proyek. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, agar hasil yang diperoleh dapat menggambarkan dampak nyata terhadap pengembangan jiwa entrepreneurship siswa.

Hasil

Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa penerapan Project-Based Learning di SMKN 2 Jombang memberikan dampak positif terhadap peningkatan jiwa entrepreneurship. Siswa menjadi lebih aktif, kreatif, serta berani menyampaikan ide-ide baru. Siswa juga terlihat lebih percaya diri dalam mempresentasikan hasil proyek dan lebih mandiri dalam mengambil keputusan. Selain itu, guru menilai metode ini dapat menghidupkan suasana belajar yang lebih dinamis dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja

Diskusi

Penelitian ini menegaskan bahwa Project-Based Learning dapat menjadi pendekatan efektif untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship siswa di SMKN 2 Jombang. Melalui pembelajaran proyek nyata, siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mengalami prosesnya secara langsung. Meski demikian, penerapan metode ini tetap membutuhkan dukungan fasilitas yang memadai, peran guru yang kompeten sebagai pendamping, serta kerja sama dengan dunia industri agar pembelajaran lebih terarah dan realistis. Dengan hal itu, Project-Based Learning berpotensi kuat untuk menciptakan lulusan SMK yang inovatif, mandiri, siap bersaing dalam dunia kerja dan mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.


0 komentar:

Posting Komentar