Mata
Kuliah : Psikologi Inovasi
Tugas
: Esai 1 Meringkas Jurnal
Meringkas Jurnal : Self-Driven Success: Studi Kualitatif Motivasi Intrinsik Mahasiswa Edupreneur melalui Lensa Teori Determinasi Diri
Dosen
Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA
Arti
Muizzah Aisyawati (23310410038)
Fakultas
Psikologi
Universitas
Proklamasi 45 Yogyakarta
Oktober
2025
|
Topik |
Motivasi Intrinsik, Mahasiswa, Edupreneur |
|
Sumber |
Tnopo, I. T., Daeng, S. U., &
Utomo, H. B. (2025). Self-Driven Success: Studi Kualitatif Motivasi Intrinsik
Mahasiswa Edupreneur melalui Lensa Teori Determinasi Diri . Flourishing
Journal, 5(5), 274–285.
https://doi.org/10.17977/um070v5i52025p274-285 |
|
Permasalahan |
Mahasiswa edupreneur mengalami
dinamika psikologis yang kompleks. Mereka harus menyeimbangkan tuntutan
akademik dengan tantangan menjalankan usaha sehingga perlu motivasi
intrinsic, ketahanan mental, dan pembentukan identitas diri yang kuat.
Meskipun Teori Determinasi Diri sering dipakai untuk meneliti motivasi dalam
pendidikan dan kewirausahaan. Namun, penelitian kualitatif yang mengeksplorasi
pengalaman subjektif mahasiswa dalam membentuk motivasi intrinsik terutama
terkait otonomi, kompetensi, dan keterhubungan masih jarang, khususnya di Indonesia, sehingga
perlu kajian lebih mendalam. |
|
Tujuan Penelitian |
Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi secara mendalam
motivasi intrinsik mahasiswa
dalam menjalankan usaha melalui pendekatan fenomenologi
berdasar teori determinasi diri |
|
Isi |
Penelitian ini menemukan bahwa
motivasi intrisik mahasiswa edupreneur terbentuk melalui tiga kebutuhan
psikologis dasar menurut teori determinasi diri yaitu
Secara keseluruhan ketiga aspek
ini saling memperkuat dan membentuk karakter kewirausahaan yang
berkelanjutan. |
|
Metode |
Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan
dengan observasi dan wawancara mendalam pada tiga mahasiswa yang menjalankan
usaha berbeda. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Validasi dilakukan dengan member checking kepada partisipan. |
|
Hasil |
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa motivasi intrinsik mahasiswa edupreneur terbentuk dan berkembang
melalui pemenuhan tiga kebutuhan psikologis utama dalam teori determinasi
diri, yaitu otonomi, kompetensi, dan keterhubungan. |
|
Diskusi |
Temuan penelitian ini menggambarkan bahwa
motivasi mahasiswa edupreneur tidak lahir secara tiba-tiba, melainkan tumbuh
dari proses panjang dalam menyeimbangkan peran sebagai mahasiswa dan juga
pelaku usaha. Otonomi dalam hal ini menjadi ruang bagi mahasiswa untuk
mengekspresikan ide dan nilai personal melalui bisnis yang dijalankan. Rasa kompeten
juga hadir melalu tantangan dan belajar dari pengalaman nyata yang bukan
hanya teori kuliah. Dukungan sosial dari teman, keluarga, dan komunitas membuat
mahasiswa lebih berani mengambil risiko dan bertahan meski menghadapi tekanan
akademik. Dinamika ini menunjukkan bahwa wirausaha bukan sekedar aktivitas
ekonomi tetapi juga proses pembentukan karakter diri dan kemandirian. Dalam
hal ini mahasiswa belajar mengenali batas dirinya, mengelola emosi, dan
membangun keyakinan terhadap dirinya. Dengan demikian, motivasi intrinsik
berperan penting dalam pembentukan karakter kewirausahawan yang
berkelanjutan. |

0 komentar:
Posting Komentar