ESSAY PRESTASI
IRVAN DWIKURNIAWAN
22310410135
PSIKOLOGI INOVASI
DOSEN PENGAMPU : DR. ARUNDATI SHINTA, M.A
KEGIATAN PELAYANAN MASYARAKAT
Psikologi Inovasi memberikan banyak ruang tak hanya untuk memberikan ruang bagi Individu khususnya mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan berinovasi, namun juga menjadi ruang bagi kontribusi mahasiswa dalam membantu dan terjun ke lingkungan sosial sebagai wujud bakti mahasiswa psikologi bagi masyarakat,dimana pekerjaan saya sangat berhubungan dengan masyarakat yaitu melaksanakan patroli dialogis dengan masyarakat maupun membantu masyarakat jika mengalami kendala baik di jalanan maupun di tempat wisata.
Pada setiap hari libur baik sabtu atau minggu saya melaksanakan kegiatan patroli wisata pantai di daerah Gunungkidul terdapat banyak wisatawan baik dari lokal maupun manca negara jadi setiap bertemu dengan orang baru berkenalan dan bertukar cerita saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dimana pengalaman tersebut membuat saya membuka lebar pandangan saya.
Kehadiran Polisi pariwisata adalah simbol keamanan bagi para wisatawan yang berlibur di obyek wisata tersebut, dimana saya harus selalu berinovasi dalam menemukan bahan pembicaraan dan juga harus bisa setidaknya menguasai bahasa asing, dimana hal itu tidak akan bisa dilakukan jika tidak berinovasi dengan sendirinya untuk belajar dan belajar.
Disamping malaksanakan Patroli dialogis jika terdapat laporan masyarakat baik pohon tumbang ataupun kendala lainnya. maka saya harus mendatangi tempat kejadian tersebut seperti kejadian yang belum lama terjadi yaitu pohoon tumbang akibat terpaan angin yang kencang di wilayah wonosari dimana ketika sampai dilokasi ternyata pohon tersebut tumbang dan mengenai kabel listrik, jadi saya bersama tim harus berfikir bagaimana cara agar tidak tersengat listrik karena dari pihak pln belum mengetahui hal tersebut.
Di samping kegiatan diatas saya juga membantu masyarakat di jalan terutama di persimpangan di daerah wonosari gunungkidul, Pengaturan jalan biasanya dilakukan pada saat keramaian yaitu saat jam keberangkatan sekolah dan kerja maupun ketika jam kepulangan sekolah dan kerja.
Pelayanan kepada masyarakat merupakan wujud nyata dari tanggung jawab pemerintah, lembaga, maupun individu dalam memenuhi kebutuhan dan hak-hak masyarakat secara adil, cepat, dan transparan. Pelayanan yang baik ditandai oleh sikap ramah, profesional, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Kualitas pelayanan publik sangat berpengaruh terhadap kepercayaan dan kepuasan masyarakat, serta menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan sosial dan pemerintahan yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat.
Daftar pustaka:Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nugroho, R. (2018). Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, Manajemen Kebijakan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
0 komentar:
Posting Komentar