24.7.25

ESAI 9 UAS PSI Inov

 

Nama: Nanda Aprilia Dewi Saputri

Nim: 22310410158

UAS Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr. ARUNDATI SHINTA, M.A

Tanggal Publikasi: 24 Juli 2025

Skema Persepsi Menurut Bell dan Kawan-kawan

 

Dalam teori persepsi, prosesnya meliputi tiga tahapan utama:

  1. Stimulus — rangsangan dari lingkungan sekitarnya.
  2. Persepsi — proses interpretasi terhadap stimulus.
  3. Perilaku — respon yang muncul dari persepsi tersebut.

Perubahan diri terjadi ketika persepsi seseorang terhadap dirinya sendiri, lingkungannya, dan peluang masa depan berubah sehingga memotivasi perilaku baru yang lebih positif.

Perbandingan Persepsi dan Perilaku Ayu Aryanti dan Remaja ’Unik’

1. Persepsi Diri dan Masa Depan

  • Ayu Aryanti:
    • Persepsi diri: Ia masih memandang dirinya sebagai gadis yang miskin, tidak berdaya, dan kurang berprestasi.
    • Persepsi tentang masa depan: Ia merasa tidak yakin dan kurang termotivasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi karena merasa tidak mampu secara finansial dan kurang percaya diri.
    • Pengaruh lingkungan: Lingkungan keluarga dan pengalaman hidupnya cenderung memperkuat persepsi ini — merasa terbatas dan tidak memiliki potensi besar.
  • Remaja ’Unik’:
    • Persepsi diri: Mereka mulai memandang diri mereka sebagai pribadi yang mampu berubah dan memiliki peluang untuk masa depan yang lebih baik.
    • Persepsi tentang masa depan: Melalui pelatihan dan disiplin di barak, mereka mulai menyadari bahwa mereka bisa mengendalikan perilaku mereka dan merencanakan masa depan dengan lebih baik lagi asalkan mau dan niat
    • Pengaruh lingkungan: Lingkungan yang mendukung, perilaku terbiasa disiplin, dan penuh perhatian dari KDM memperkuat persepsi positif terhadap diri mereka sehingga memperkuat kemauan mereka.

2. Persepsi terhadap Lingkungan dan Interaksi Sosial

  • Ayu Aryanti:
    • Mungkin merasa bahwa lingkungan dan orang di sekitarnya tidak memberikan peluang yang cukup untuk perubahan, atau merasa bahwa perubahan tidak realistis dan menuntut usaha besar yang tidak mampu dia lakukan.
  • Remaja ’Unik’:
    • Lingkungan yang disiplin dan terstruktur di barak membantu mereka melihat bahwa perubahan perilaku dan disiplin dapat membawa manfaat baik saat ini maupun masa depan. Kemungkinan besar para remaja merasakan perubahan positif didiri mereka sendiri, contihnya: bangun pagi bisa membuat kita bisa menghirup udara segar, berolahraga membuat badan jadi lebih fit, dll.

3. Persepsi terhadap Kemampuan dan Potensi

  • Ayu Aryanti:
    • Kurang percaya diri dan merasa bahwa ia kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau merubah nasibnya. Ketika Ayu menjalaninya, ia merasa ragu akan dirinya sendiri maka pengaruh lingkungan yang baik pun tidak akan berguna.
  • Remaja ’Unik’:
    • Melalui pengalaman langsung dan bimbingan, mereka mulai melihat bahwa mereka memiliki potensi dan kemampuan untuk merubah perilaku serta masa depan mereka.

 

Perilaku dan Kebiasaan yang Terbentuk

  • Ayu Aryanti:
    Karena persepsi yang cenderung negatif dan kurangnya motivasi, perilaku yang muncul adalah tetap pasif, tidak berusaha keras, dan kembali ke kebiasaan lama sebagai penjual makaroni.
  • Remaja ’Unik’:
    Persepsi positif dan keyakinan bahwa mereka mampu berubah menyebabkan mereka mengadopsi perilaku disiplin, belajar, dan berusaha meraih masa depan yang lebih baik. Kebiasaan baik ini akan terus dipertahankan dan menjadi bagian dari identitas mereka setelah dari barak.

Kesimpulan

Dalam skema persepsi Bell dan kawan-kawan, perubahan diri yang berhasil terjadi ketika persepsi seseorang tentang dirinya, lingkungan, dan peluangnya berubah menjadi positif, bukan negatif. Seperti istilah baru baru ini “semua tergantung mindset” apabila kita memiliki pemikiran yang positif, maka segala hal yang ktelah terjadi dihidup akan dilihat sisi baiknya, bukan buruknya dan diambil Pelajaran dari kejadian tersebut. Namun jika memandang buruknya saja, atau dari awal sudah berpikiran buruk karena mungkin merasa kesulitan, maka gtidak akan berhasil kedepannya.

  • Ayu Aryanti mengalami persepsi yang stagnan dan negatif, sehingga sulit melakukan perubahan perilaku yang berkelanjutan.
  • Para remaja ’unik’ mengalami persepsi yang diperkuat melalui pengalaman positif dan disiplin, sehingga mereka mampu mengubah perilaku dan membentuk kebiasaan baru yang lebih baik dari sebelumnya.

 



Daftar Pustaka

 

Kadisdik (2024). Ayu tidak lagi tinggal di rumah Kang Dedi Mulyadi. Tamat sekolah milih jualan makroni. Kadisdik Jabar. 22 Sep. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=0SMtGmUMrds

KDM Channel (2022a). Bikin haru Ayu Aryanti pelajar kelas 2 SMK jadi tukang sapu gantikan bapaknya yang sk1t.  Kang Dedi Mulyadi Channel.15 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=8klXb7Epq-8

KDM Channel (2022b). Tangis haru Bu Yati restui Ayu ke Lembur Pakuan. Heboh tetangga dibagi roti gratis. Kang Dedi Mulyadi Channel. 18 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=qtv9js6QgXc

KDM Channel (2022c). Hujan air mata jatuh di SMK 2. Saat mendengar Ayu mau dipindahkan sekolahnya. Kang Dedi Mulyadi Channel. 19 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=xFs510DETXs

KDM Channel (2022d). Saat Ayu bahagia temani bapaknya makan di hotel berbintang. Menunya hanya pilih nasi goreng – Kang Dedi Mulyadi Channel. 27 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=4JDcNVszPig

KDM Channel (2022e). Saat diajak makan di warung - diberi ikan dan daging ayam - Ayu malah sedih dan nangis. Kang Dedi Mulyadi Channel. 29 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=R31NwUn23B4

KDM Channel (2022f). Kang Dedi panggil dokter. Ayu dan Egi diperiksa detil. Ada apa ya? Kang Dedi Mulyadi Channel. 31 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=k5uAfkF3rDc

KDM Channel (2023). Ayu lucu | pulang sekolah tak pulang ke rumah | bingung bekal habis pake perawatan wajah. Kang Dedi Mulyadi Channel. 23 Sep.. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=AVajIo-5Iyg&t=991s

KDM Channel (2025a). Bikin nangis!! KDM menjadi ayah angkat untuk anak2 didik barak militer yang tidak memiliki ortu. Kang Dedi Mulyadi Channel. 20 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=rWnkm2f8U-Y

KDM Channel (2025b). Tampil bersih dan sopan. Anak asuh KDM berkumpul di Lembur Pakuan - sampaikan cita-cita. Kang Dedi Mulyadi Channel. 24 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from:

https://www.youtube.com/watch?v=bH999xwoqgQ&t=369s

Patimah, A.S., Shinta, A. & Al-Adib, A. (2024). Persepsi terhadap lingkungan. Jurnal Psikologi. 20(1), Maret, 23-29.

https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1807

Sarwono, S. W. (1995). Psikologi lingkungan. Jakarta: Grasindo & Program Pascasarjana Prodi Psikologi UI

0 komentar:

Posting Komentar