24.7.25

Esai 9 – Psikologi Inovasi : Membuat tulisan untuk ujian akhir (UAS) - MARDIANTO TIRO (22310410139)

 Nama: Mardianto Tiro

NIM: 22310410139

Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Kelas: SJ & SP

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.

UAS Psikologi Inovasi - Juli 2025

 


Perubahan diri adalah konsep penting dalam psikologi yang melibatkan penyesuaian individu terhadap lingkungannya. Menurut Paul A. Bell dan rekan-rekannya (Patimah et al., 2024), persepsi individu terhadap lingkungan mereka adalah kunci dalam membentuk perilaku dan kebiasaan. Dalam kasus Ayu Aryanti dan para remaja "unik" yang dibina oleh Kang Dedi Mulyadi (KDM), meskipun keduanya berada dalam situasi yang serupa, hasil perubahan yang mereka alami sangat berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi sangat mempengaruhi bagaimana seseorang merespons perubahan dalam hidupnya.

Persepsi dan Perubahan Diri

Ayu Aryanti adalah seorang gadis muda yang berasal dari keluarga sederhana. Ketika diangkat menjadi anak asuh oleh KDM, ia diberi kesempatan untuk mengubah hidupnya melalui pendidikan dan kehidupan yang lebih terjamin. Namun, setelah lulus SMK, Ayu memilih untuk kembali ke rumah dan melanjutkan pekerjaan orangtuanya sebagai penjual makaroni, meskipun memiliki peluang besar untuk melanjutkan pendidikan.

Dalam hal ini, persepsi Ayu terhadap perubahan cenderung kea rah negatif. Meskipun diberi fasilitas lengkap oleh KDM, ia lebih memilih kenyamanan emosional dan kedekatannya dengan keluarga daripada menjadi orang yang lebih baik di lingkungan keluarganya. Dalam pandangannya, perubahan itu mengancam identitas dan pola hidup yang sudah terbiasa ia lakukan. Hal ini mencerminkan bagaimana persepsi terhadap masa depan yang penuh ketidakpastian membuatnya lebih memilih untuk tetap berada dalam zona nyamannya.

Kasus Remaja "Unik"

Sebaliknya, para remaja "unik" yang mengikuti program pelatihan militer yang diselenggarakan oleh pragram KDM mengalami perubahan yang sangat positif. Para remaja ini sebelumnya terlibat dalam kenakalan seperti tawuran dan konsumsi alkohol. Namun, setelah mereka mengikuti pelatihan yang ketat di barak militer, mereka mulai mengembangkan perilaku yang lebih disiplin, terstruktur, dan  lebih bertanggung jawab. Perubahan ini dipicu oleh stimulasi positif yang konsisten dalam lingkungan barak, yang mencakup doa, olahraga, dan rutinitas harian yang terjadwal.

Persepsi mereka terhadap kedisiplinan dan perubahan dalam gaya hidup awalnya mungkin penuh dengan ketakutan dan kekhawatiran. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka mulai memandang kedisiplinan itu sebagai kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup di kemudian hari. Kehadiran KDM sebagai yang membina juga memperkuat rasa diterima dan dihargai, yang membantu membentuk persepsi mereka bahwa mereka semua diberi kesempatan untuk memperbaiki diri.

Perbedaan Persepsi antara Ayu dan Remaja "Unik"

Perbedaan utama antara Ayu dan para remaja "unik" adalah bagaimana mereka memandang perubahan. Ayu, meskipun memiliki kesempatan besar, tidak melihat perubahan sebagai peluang untuk memperbaiki hidupnya. Persepsinya lebih cenderung pada ketakutan dan ketidakpastian. Sementara itu, para remaja "unik" melihat perubahan sebagai kesempatan untuk meninggalkan kebiasaan buruk dan meraih masa depan yang bisa lebih baik.

Menurut Sarwono (1995), perubahan diri sangat bergantung pada bagaimana seseorang memaknai lingkungannya. Jika lingkungan dilihat sebagai ancaman, perubahan cenderung dihindari. Sebaliknya, jika individu melihat perubahan sebagai peluang untuk berkembang, mereka akan lebih terbuka untuk menerimanya.

Faktor Pendukung Perubahan

Berdasarkan kedua kasus tersebut, kita dapat melihat bahwa faktor eksternal sangat memengaruhi proses perubahan diri. Ayu, meskipun diberi kesempatan besar oleh KDM, tidak merasa cukup termotivasi untuk berubah. Di sisi lain, para remaja "unik" yang merasa diberdayakan oleh lingkungan yang tertata dan mendapatkan perhatian dari KDM, lebih siap untuk mengubah diri mereka. Lingkungan yang mendukung dan memfasilitasi perubahan menjadi kunci dalam memotivasi individu untuk merespons perubahan secara lebih positif.

 

Daftar Pustaka

Kadisdik (2024). Ayu tidak lagi tinggal di rumah Kang Dedi Mulyadi. Tamat sekolah milih jualan makroni. Kadisdik Jabar. 22 Sep. Retrieved on July 24, 2025 from: https://www.youtube.com/watch?v=0SMtGmUMrds

KDM Channel (2022a). Bikin haru Ayu Aryanti pelajar kelas 2 SMK jadi tukang sapu gantikan bapaknya yang sk1t. Kang Dedi Mulyadi Channel. 15 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from: https://www.youtube.com/watch?v=8klXb7Epq-8

KDM Channel (2025a). Bikin nangis!! KDM menjadi ayah angkat untuk anak2 didik barak militer yang tidak memiliki ortu. Kang Dedi Mulyadi Channel. 20 Mei. Retrieved on July 24, 2025 from: https://www.youtube.com/watch?v=rWnkm2f8U-Y

Patimah, A.S., Shinta, A. & Al-Adib, A. (2024). Persepsi terhadap lingkungan. Jurnal Psikologi. 20(1), Maret, 23-29. https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1807

Sarwono, S. W. (1995). Psikologi lingkungan. Jakarta: Grasindo & Program Pascasarjana Prodi Psikologi UI

0 komentar:

Posting Komentar