14.5.25

ESSAY 1- Psikologi Inovasi_Nadi Asmara W_22310410156_Meringkas Jurnal

 ESSAY 1

PSIKOLOGI INOVASI

MERINGKAS JURNAL INOVASI

“Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Kepribadian Dan Peran Faktor Keluarga Terhadap Niat Berwirausaha” 

Oleh:

Nama: Nadi Asmara W

Nim: 22310410156

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.


Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 

Yogyakarta

2025


Topik

Pengaruh pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, kepribadian, dan peran faktor keluarga terhadap niat berwirausaha mahasiswa.

Sumber

Tanazha, J. & Budiono, H. (2021). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Kepribadian dan Peran Faktor Keluarga terhadap Niat Berwirausaha. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Vol. III No. 3, hlm. 751-761.

Permasalahan

Tingginya angka pengangguran di Indonesia menunjukkan bahwa masih banyak lulusan perguruan tinggi yang tidak siap menciptakan peluang usaha sendiri. Padahal, kewirausahaan dapat menjadi solusi untuk membuka lapangan kerja. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor-faktor apa yang mendorong mahasiswa memiliki niat untuk berwirausaha.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui apakah pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, kepribadian, dan peran faktor keluarga memiliki pengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Universitas Tarumanagara.

Isi

Penelitian membahas bagaimana empat variabel bebas (pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, kepribadian, dan peran keluarga) dapat mempengaruhi variabel terikat yaitu niat berwirausaha. Landasan teori yang digunakan adalah Theory of Planned Behavior (TPB), yang menjelaskan bahwa niat seseorang berperilaku dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku.

Metode

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data diperoleh dari 100 mahasiswa Universitas Tarumanagara yang mengisi kuesioner online. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan metode PLS-SEM menggunakan software SmartPLS 3.0.

Hasil

  • Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha (nilai t = 2,326; p = 0,020).

  • Efikasi diri memiliki pengaruh paling kuat dengan nilai t = 8,308 dan p = 0,000.

  • Kepribadian juga berpengaruh positif signifikan (t = 2,235; p = 0,026).

  • Peran keluarga memberi pengaruh signifikan (t = 2,435; p = 0,015).
    Nilai Adjusted R² sebesar 0,868 artinya 86,8% variabel niat berwirausaha dapat dijelaskan oleh empat variabel tersebut. Nilai GoF sebesar 0,683 menunjukkan bahwa model penelitian memiliki tingkat kecocokan yang sangat baik

Diskusi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan memberikan pemahaman, pengetahuan, dan inspirasi untuk berwirausaha. Mahasiswa yang memperoleh pendidikan ini merasa lebih siap dan terdorong untuk membuka usaha sendiri.

Efikasi diri terbukti sebagai faktor paling dominan. Mahasiswa yang percaya pada kemampuannya sendiri cenderung lebih berani mengambil risiko dan yakin mampu menghadapi tantangan dalam membangun bisnis.

Kepribadian juga menjadi faktor penting. Ciri-ciri seperti keberanian mengambil risiko, kepemimpinan, dan orientasi masa depan terbukti berkaitan dengan minat untuk berwirausaha.

Peran keluarga meskipun tidak sekuat efikasi diri, tetap signifikan. Dukungan keluarga dalam bentuk moral, materi, dan motivasi memberikan pengaruh positif terhadap keberanian mahasiswa untuk memulai usaha.

Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembentukan niat berwirausaha tidak hanya tergantung pada pembelajaran formal, tetapi juga pada aspek psikologis dan sosial.



0 komentar:

Posting Komentar