2.5.25

ESSAI 1_MERINGKAS JURNAL TENTANG ENTREPRENEURSHIP_NAWANG APRILIANO_22310410136

 MERINGKAS JURNAL TENTANG ENTREPRENEURSHIP


TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI INOVASI

Essai 1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA



Nawang Apriliano Tegar Saputra (22310410136)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 

Yogyakarta



EFIKASI DIRI SEBAGAI MEDIASI PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Topik

Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Minat Berwirausaha, Efikasi Diri.

Sumber

Ratna Rahayu Nengseh, Riza Yonisa Kurniawan. (2021). Efikasi diri sebagai mediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 9(2), Februari 2021, 156-167.

Permasalahan

Permasalahannya adalah rendahnya minat berwirausaha di kalangan mahasiswa, yang cenderung memilih untuk menjadi pencari kerja (job seeker) daripada menciptakan lapangan pekerjaan (job creator) melalui wirausaha. Hal tersebut diperparah oleh meningkatnya angka pengangguran di Indonesia, terutama di kalangan lulusan pendidikan tinggi, yang mencapai 1,1 juta orang atau 5,73%. Banyak mahasiswa merasa ragu dan takut menghadapi risiko dalam berwirausaha, disebabkan oleh kurangnya pengetahuan kewirausahaan yang memadai, motivasi, dan kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka.

Tujuan penelitian

Untuk menganalisis faktor pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan efikasi diri yang mempengaruhi minat berwirausaha di kalangan mahasiswa.

Isi

  • Pendidikan kewirausahaan, motivasi berwirausaha, dan efikasi diri memainkan peran penting dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa.


  • Penelitian ini menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan efikasi diri sebagai variabel mediasi.


  • Lulusan perguruan tinggi cenderung menjadi pencari kerja daripada menciptakan lapangan pekerjaan melalui wirausaha karena minat mahasiswa untuk berwirausaha masih rendah.


  • Keadaan tersebut berdampak pada tingkat persaingan yang semakin tinggi dalam mencari pekerjaan, tetapi jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia terbatas sehingga dapat meningkatkan angka pengangguran.


  • Salah satu upaya untuk mengatasi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan melalui wirausaha.

Metode

  • Penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis hubungan antar variabel.


  • Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Surabaya, khususnya di Fakultas Ekonomika dan Bisnis.


  • Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, berjumlah 203 mahasiswa.


  • Sampel yang digunakan sebanyak 135 mahasiswa. sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan kriteria mahasiswa aktif angkatan 2017-2019 yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan.


  • Sampel diambil menggunakan rumus Slovin dengan mempertimbangkan persentase kelonggaran ketidaktelitian kesalahan (5%).


  • Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner bersifat tertutup, menggunakan skala Likert.


  • Sebelum menyebarkan kuesioner, instrumen penelitian diuji coba untuk memastikan validitas dan reliabilitas.


  • Teknik analisis datanya adalah pemodelan persamaan struktural atau Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan WarpPLS.

Hasil

  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.


  • Penelitian menemukan bahwa motivasi berwirausaha tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Itu ditunjukkan dengan koefisien jalur sebesar 0,122 dan p-value sebesar 0,073, yang berarti hipotesis mengenai pengaruh positif motivasi berwirausaha ditolak.


  • Efikasi diri terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa, yang menunjukkan bahwa keyakinan mahasiswa akan kemampuan diri mereka mempengaruhi minat untuk berwirausaha.

Dikusi

  • Pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.


  • Motivasi berwirausaha tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat berwirausaha.


  • Efikasi diri berperan sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha.



0 komentar:

Posting Komentar