MERINGKAS JURNAL TENTANG ENTREPRENEURSHIP
TUGAS
MATA KULIAH PSIKOLOGI INOVASI
ESSAI
1
Dosen
Pengampu: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA
Fakultas
Psikologi Universitas Prokalmasi 45
Yogyakarta
Oleh:
Fauzan
Nurpambudi
24310420039
Pengaruh
Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha
Di Kabupaten Majalengka
|
Topik |
Pengaruh
Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat
Berwirausaha Di Kabupaten Majalengka |
|
Sumber dan Penulis |
Ejournal.unma, Asep Qustolani , Nita Hernita |
|
Permasalahan |
1. Bagaimana
pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap minat Berwirausaha. 2. Bagaimana
pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha. |
|
Tujuan penelitian |
1. Untuk
mengetahui bagaimana pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat
Berwirausaha. 2. Untuk
mengetahui bagaimana pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat
Berwirausaha. |
|
Isi |
Motivasi tinggi
ditunjukkan oleh keinginan kuat masyarakat untuk mandiri pengetahuan tinggi
terlihat dari kemampuan menganalisis peluang usaha minat tinggi dipengaruhi
oleh keyakinan, kreativitas, dan keberanian mengambil risiko kendala utama:
rendahnya pemahaman menyusun proposal usaha dan kurangnya kreativitas. |
|
Metode |
Metode yang
digunakan untuk melaksanakan penelitian ini adalah deskriptif verifikatif
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
masyarakat Kabupaten Majalengka sebanyak 100 orang. Metode yang digunakan
menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan deskriptif
verifikatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis untuk
parsial menggunakan uji t. |
|
Hasil |
hasil analisis
deskriptif, diketahui bahwa motivasi berwirausaha berada pada kriteria sangat
tinggi dengan skor sebesar 3.443. Beberapa indikator menunjukkan bahwa
motivasi termasuk pada kriteria sangat tinggi, diantaranya masyarakat yakin
bahwa menjadi seorang wirausaha barus mempunyai semangat yang tinggi dan mau
berjuang untuk maju, mempunyai tingkat prestasi yang tinggi untuk bersaing di
dunia usaha, kepercayaan diri yang timbul akan tinggi, berkeinginan yang
sangat keras untuk mencapai tujuan dan juga bertanggung jawab untuk hasil. |
|
Kesimpulan |
Berdasarkan
hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan pada masyarakat
Kabupaten Majalengka mengenai motivasi dan pengetahuan kewirausahaan terhadap
minat berwirausaha, maka peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Motivasi
berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.
Artinya semakin tinggi motivasi berwirausaha maka akan semakin tinggi pula
minat berwirausaha pada masyarakat. 2. Pengetahuan
kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha.
Artinya semakin tinggi pengetahuan kewirausahaan maka akan semakin tinggi
pula minat berwirausaha pada masyarakat. |
|
Diskusi |
Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka terdapat saran
pihak- pihak yang berkepentingan adalah : 1. Dari hasil
penelitian diketahui bahwa daii variabel motivasi berwirausaha yang memiliki
skor paling rendah adalah indikator kemerdekaan. Artinya masyarakat masih
harus bergantung hidupnya kepada orang lain. Oleh karena itu, masyarakat
perlu meningkatkan lagi motivasi untuk mengembangkan minat berwirausaha
dengan melakukan kegiatan sharing dengan orang lain tentang bagaimana mengisi
waktu luang yang bermanfaat. 2. Dari hasil
penelitian diketahui bahwa dari variabel pengetahuan kewirausahaan yang
memiliki skor paling rendah adalah indikator menyusun proposal untuk
menganalisis aspek-aspek usaha. Artinya masyarakat masih kurang memahami
dalam menyusun proposal usaha. Masyarakat perlu mengikuti berbagai kegiatan
yang mendukung untuk bisa memahami pembuatan proposal diantaranya mencari
ilmu dari orang- orang yang sudah lebih menguasai dibidang kewirausahaan dan
juga mengikuti pelatihan-pelatihan kewirausahaan |
0 komentar:
Posting Komentar