15.5.25

Essai 1 Psikologi Inovasi - Fauzan Nurpambudi 24310420039

 

MERINGKAS JURNAL TENTANG ENTREPRENEURSHIP

 

TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI INOVASI

 

ESSAI 1

 

Dosen Pengampu: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

 

Fakultas Psikologi Universitas Prokalmasi 45

Yogyakarta

 

Oleh:

Fauzan Nurpambudi

24310420039

 

 

Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Di Kabupaten Majalengka

 

Topik

Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Di Kabupaten Majalengka

Sumber dan Penulis

Ejournal.unma, Asep Qustolani , Nita Hernita

Permasalahan

1. Bagaimana pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap minat Berwirausaha.

2. Bagaimana pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha.

Tujuan penelitian

1. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha.

2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha.

Isi

Motivasi tinggi ditunjukkan oleh keinginan kuat masyarakat untuk mandiri pengetahuan tinggi terlihat dari kemampuan menganalisis peluang usaha minat tinggi dipengaruhi oleh keyakinan, kreativitas, dan keberanian mengambil risiko kendala utama: rendahnya pemahaman menyusun proposal usaha dan kurangnya kreativitas.

Metode

Metode yang digunakan untuk melaksanakan penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kabupaten Majalengka sebanyak 100 orang. Metode yang digunakan menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan deskriptif verifikatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis untuk parsial menggunakan uji t.

Hasil

hasil analisis deskriptif, diketahui bahwa motivasi berwirausaha berada pada kriteria sangat tinggi dengan skor sebesar 3.443. Beberapa indikator menunjukkan bahwa motivasi termasuk pada kriteria sangat tinggi, diantaranya masyarakat yakin bahwa menjadi seorang wirausaha barus mempunyai semangat yang tinggi dan mau berjuang untuk maju, mempunyai tingkat prestasi yang tinggi untuk bersaing di dunia usaha, kepercayaan diri yang timbul akan tinggi, berkeinginan yang sangat keras untuk mencapai tujuan dan juga bertanggung jawab untuk hasil.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan pada masyarakat Kabupaten Majalengka mengenai motivasi dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, maka peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut :

1. Motivasi berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Artinya semakin tinggi motivasi berwirausaha maka akan semakin tinggi pula minat berwirausaha pada masyarakat.

2. Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha. Artinya semakin tinggi pengetahuan kewirausahaan maka akan semakin tinggi pula minat berwirausaha pada masyarakat.

Diskusi

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka terdapat saran pihak- pihak yang berkepentingan adalah :

1. Dari hasil penelitian diketahui bahwa daii variabel motivasi berwirausaha yang memiliki skor paling rendah adalah indikator kemerdekaan. Artinya masyarakat masih harus bergantung hidupnya kepada orang lain. Oleh karena itu, masyarakat perlu meningkatkan lagi motivasi untuk mengembangkan minat berwirausaha dengan melakukan kegiatan sharing dengan orang lain tentang bagaimana mengisi waktu luang yang bermanfaat.

2. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari variabel pengetahuan kewirausahaan yang memiliki skor paling rendah adalah indikator menyusun proposal untuk menganalisis aspek-aspek usaha. Artinya masyarakat masih kurang memahami dalam menyusun proposal usaha. Masyarakat perlu mengikuti berbagai kegiatan yang mendukung untuk bisa memahami pembuatan proposal diantaranya mencari ilmu dari orang- orang yang sudah lebih menguasai dibidang kewirausahaan dan juga mengikuti pelatihan-pelatihan kewirausahaan

0 komentar:

Posting Komentar