PSIKOLOGI
INOVASI
ESAI
1 – MERINGKAS JURNAL MOTIVASI
Pengembangan
Pendekatan Kreatif Inovatif untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan
Dosen
pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA
Disusun
oleh : Maria Laras Wati Candra Sari
NIM:
22310410188
|
Judul |
Pengembangan
Pendekatan Kreatif Inovatif untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan |
|
Jurnal |
Jurnal
Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan |
|
Tahun
|
2019 |
|
Halaman |
Vol.
7 No. 2 Hal 129-144 |
|
Penulis |
Selly
Rahmawati, Tri Siwi Nugrahani |
|
DOI |
10.26740/jepk.v7n2.p129-144 |
Ringkasan jurnal:
|
Latar
belakang |
Dalam
pembelajaran pendidikan kewirausahaan yang telah dilaksanakan hanya
menekankan pada aspek
kognitifnya saja. Selaian itu rendahnya minat mahasiswa dalam mengikuti hibah
Program Kreativitas Mahasiswa dan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia juga
menjadi salah satu indikasi bahwa jiwa kewirausahaan mahasiswa kurang. |
|
Tujuan |
Untuk
mengetahui bagaimana mengembangkan pendekatan kreatif inovatif dalam
meningkatkan jiwa kewirausahaan serta untuk mengetahuai keefektifan
pendekatan tersebut dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan. |
|
Metode
penelitian |
Menggunakan
metode penelitian R&D atau penelitian pengembangan yang menggunakan model
four D yaitu define, design, develop dan dessiminate. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik analisis data
yang digunakan adalan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik
inferensial dengan menggunakan independent sample t-test. |
|
Variabel
penelitian |
Variabel
yang terdapat dalam penelitian, yaitu: 1. Variabel
independen: Metode pembelajaran yang digunakan untuk penelitian guna
meningkatkan jiwa kewirausahaan, menggunakan pendekatan kreatif inovatif
berbasis konstruktivisme siklus belajar. Pada pendekatan ini, mengedepankan
partisipasi aktif mahasiswa pada pembelajaran untuk mengeksplorasi ide-ide
kewirausahaan. 2. Variabel
dependen: Rendahnya minat mahasiswa dalam mengikuti Program Kreativitas
Mahasiswa dan Kompetisi Bisnis. |
|
Hasil
penelitian |
Hasil
penelitian ini adalah 1. Pengembangan
pendekatan kreatif inovatif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan
dilaksanakan dengan four D yaitu define, design, develop dan disseminate. 2. Pendekatan
kreatif inovatif sangat efektif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan. |
|
Pembahasan |
Dalam
artikel jurnal tersebut, membahas tentang pendekatan kreatif inovatif dalam
pendidika kewirausahaan dengan four-D, yaitu defining, desingning,
developing, dan disseminating. Pada tahap define, identifikasi permasalahan
menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional kurang mampu menggugah
jiwa kewirausahaan mahasiswa. Dalam tahap design, pemilihan instrumen
evaluasi (angket jiwa kewirausahaan) dan media pembelajaran sesuai dengan
kebutuhan dilakukan. Tahap develop mencakup pengujian produk dengan
melibatkan mahasiswa dalam workshop kewirausahaan, menghasilkan
umpan balik untuk perbaikan model. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
mahasiswa yang mengikuti workshop dengan pendekatan kreatif inovatif memiliki
jiwa kewirausahaan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengikuti.
Analisis dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, di mana
uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Pada
tahap disseminate, model pembelajaran disebarluaskan melalui forum diskusi
dengan dosen. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivistik
meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dan memperdalam pemahaman mereka
tentang kewirausahaan. |
|
Kesimpulan |
Terbukti
dengan dilaksanakannya four D, dapat disimpulkan dalam penelitian
model pembelajaran dengan pendekatan kreatif inovatif memiliki beberapa manfaat,
seperti; 1. Aktif
mengkonstruksikan pengetahuan dan makna yang didapat dalam pembelajaran. 2. Membuat
siswa dapat mengeksplorasi gagasan. 3. Membantu
siswa untuk dapat merefleksikan pengalamannya. |
0 komentar:
Posting Komentar