8.5.25

ESAI 1-PSIKOLOGI INOVASI-MERINGKAS JURNAL MOTIVASI-MARIA LARAS WATI CANDRA SARI

 

PSIKOLOGI INOVASI

ESAI 1 – MERINGKAS JURNAL MOTIVASI

Pengembangan Pendekatan Kreatif Inovatif untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan

Dosen pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Disusun oleh : Maria Laras Wati Candra Sari

NIM: 22310410188

Keterangan foto tidak tersedia. 

Judul

Pengembangan Pendekatan Kreatif Inovatif untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan

Jurnal

Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan

Tahun

2019

Halaman

Vol. 7 No. 2 Hal 129-144

Penulis

Selly Rahmawati, Tri Siwi Nugrahani

DOI

10.26740/jepk.v7n2.p129-144

 

Ringkasan jurnal:

Latar belakang

Dalam pembelajaran pendidikan kewirausahaan yang telah dilaksanakan hanya menekankan pada

aspek kognitifnya saja. Selaian itu rendahnya minat mahasiswa dalam mengikuti hibah Program Kreativitas Mahasiswa dan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia juga menjadi salah satu indikasi bahwa jiwa kewirausahaan mahasiswa kurang.

Tujuan

Untuk mengetahui bagaimana mengembangkan pendekatan kreatif inovatif dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan serta untuk mengetahuai keefektifan pendekatan tersebut dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan.

Metode penelitian

Menggunakan metode penelitian R&D atau penelitian pengembangan yang menggunakan model four D yaitu define, design, develop dan dessiminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan independent sample t-test.

Variabel penelitian

Variabel yang terdapat dalam penelitian, yaitu:

1.     Variabel independen: Metode pembelajaran yang digunakan untuk penelitian guna meningkatkan jiwa kewirausahaan, menggunakan pendekatan kreatif inovatif berbasis konstruktivisme siklus belajar. Pada pendekatan ini, mengedepankan partisipasi aktif mahasiswa pada pembelajaran untuk mengeksplorasi ide-ide kewirausahaan.

2.     Variabel dependen: Rendahnya minat mahasiswa dalam mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa dan Kompetisi Bisnis.

Hasil penelitian

Hasil penelitian ini adalah

1.     Pengembangan pendekatan kreatif inovatif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan dilaksanakan dengan four D yaitu define, design, develop dan disseminate.

2.     Pendekatan kreatif inovatif sangat efektif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan.

Pembahasan

Dalam artikel jurnal tersebut, membahas tentang pendekatan kreatif inovatif dalam pendidika kewirausahaan dengan four-D, yaitu defining, desingning, developing, dan disseminating. Pada tahap define, identifikasi permasalahan menunjukkan bahwa metode pembelajaran konvensional kurang mampu menggugah jiwa kewirausahaan mahasiswa. Dalam tahap design, pemilihan instrumen evaluasi (angket jiwa kewirausahaan) dan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dilakukan. Tahap develop mencakup pengujian produk dengan melibatkan mahasiswa dalam workshop kewirausahaan, menghasilkan umpan balik untuk perbaikan model. Hasil pengujian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti workshop dengan pendekatan kreatif inovatif memiliki jiwa kewirausahaan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengikuti. Analisis dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, di mana uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Pada tahap disseminate, model pembelajaran disebarluaskan melalui forum diskusi dengan dosen. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivistik meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dan memperdalam pemahaman mereka tentang kewirausahaan.

Kesimpulan

Terbukti dengan dilaksanakannya four D, dapat disimpulkan dalam penelitian model pembelajaran dengan pendekatan kreatif inovatif memiliki beberapa manfaat, seperti;

1.     Aktif mengkonstruksikan pengetahuan dan makna yang didapat dalam pembelajaran.

2.     Membuat siswa dapat mengeksplorasi gagasan.

3.     Membantu siswa untuk dapat merefleksikan pengalamannya.

 

0 komentar:

Posting Komentar