ESSAY 1
PSIKOLOGI INOVASI
MERINGKAS JURNAL INOVASI
"
Analisis
Psikologi Implementasi Program Kewirausahaan di SMK untuk Membangun Jiwa
Entrepreneurship "
Oleh:
Nama : Alimin Mubarok
NIM : 22310410144
Dosen Pengampu:
Dr. Dra. Arundati Shinta
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Yogyakarta
2025
Review Jurnal: Analisis
Psikologi Implementasi Program Kewirausahaan di SMK untuk Membangun Jiwa
Entrepreneurship
|
Judul |
Analisis
Psikologi Implementasi Program Kewirausahaan di SMK untuk Membangun Jiwa
Entrepreneurship |
|
Jurnal |
Didaktika:
Jurnal Kependidikan |
|
Volume |
13: 1 |
|
Tahun |
2024 |
|
Penulis |
Endang Komara1, Ida Rukhaida2, Dani Wardani3, Sunsun P. Yogaswara 4 |
Ringkasan Jurnal
|
Latar Belakang Jurnal |
Latar Belakang jurnal ini
mengungakap pentingnya bagaimana pendidikan kewirausahaan di SMK untuk
mempersiapkan siswa menghadapi persaingan ekonomi global yang semakin ketat,
pendidikan kewirausahaan ini bertujuan agar siswa di SMK mampu bersaing,
berkembang, memiliki kreativitas, dan mampu beradaptasi. Jurnal ini menyoroti
pentingnya aspek psikologis dalam pembelajaran kewirausahaan, termasuk adanya
motivasi dan efikasi diri pada siswa. Penelitian ini menggali
bagaimana program kewirausahan di SMK bisa mempengaruhi motivasi dan persepsi
siswa serta efektivitas belajarnya, adanya simulasi bisnis yang berbasis
proyek dan kolaborasi dengan pihak industry sangat penting bagi tumbuh
kembangnya keterampilan, namun ternyata ada tantangan dalam program
kewirausahaan adalah terbatasnya sumber daya serta kurangnya persiapan
sekolah di SMK dalam memberikan
fasilitas, juga penelitian ini bertujuan memberikan rekomendasi terhadap para
pemangku kebijakan di sekolah mengenai bagaimana merancang dan melaksanakan
program kewirausahaan yang efektif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) |
|
Variabel-variabel
penelitian Jurnal |
Variabel
yang menjadi fokus penelitian pada pendidikan kewirausahaan di SMK ada
bebrapa faktor yang mempengaruhinya dan fokus pada kajian utama sebagai
variable kualitatif diantaranya •Program
kewirausahaan di SMK seperti : Kurikulum, kegiatan praktik, dan
implementasinya •Aspek
psikologis siswa seperti :Motivasi, kepercayaan diri, kreatifitas, dan
efikasi diri •Peran
guru seperti : Dukungan, pendekatan pengajaran, pembimbingan Faktor
pendukung dan penghambat |
|
Metode Penelitian |
Metode dalam penelitian ini
dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, pengumpulan data
dilakukan dengan beberapa teknik •Observasi langsung terhadap
kegiatan pembelajaran dan kewirausahaan siswa •Wawancara mendalam dengan
guru, siswa dan staf pengajar •Studi dokumen seperti
kurikulum, rencana pembelajaran, laporan kegiatan Dan analisis data menggunakan
analisis tematik ( Braun & Clark,2006) melalui tahap pengkodean,
identifikasi, dan intrepretasi makna temuan |
|
Pembahasan |
Pembahasannya
ada ini mengaitkan temuan dengan beberapa teori seperti -*Teori efikasi diri (Bandura)
yang menjelaskan bagaimana pentingnya keyakinan pada diri didalam membentuk
moivasi belajar dan adanya semangat jiwa wirausaha *Teori
behavioristik bahwa praktik kewirausahaan adalah sebuah pengalaman yang akan
member penguatan positif pada siswa. *Teori
aktualisasi diri (Maslow) bahwa adanya program dapat memberikan ruang siswa
dan dampaknya siswa bisa mengembangkan potensinya *Teori
eksperimen adanya kegiatan praktik dan festival sebagi wahana eksperimen unuk
siswa mengenal dunia nyata. Demikian
juga sangat penyting adanya pelatihan guru sebagi dukungan dan kurikulum
adalah sebgai faktor keberhasilan program |
|
Kesimpulan |
Kesimpulannya
bahwa program kewirausahaan di SMK Negeri Peternakan Lembang memiliki dampak
yang positif bagi siswanya, menumbuhkan jiwa
wirausaha terutama dalam jiwa kreativitas, percaya diri, keterampilan
kerja, tapi masih terhalang oleh rendahnya motivasi awal, terbatasnya SDM
guru yang memegang peranan strategis. Rekomendasi
penelitian meliputi:
|
0 komentar:
Posting Komentar