Mata Kuliah : Psikologi Inovasi
Tugas Esai 1
Jurnal:
PENGARUH LIVE STREAMING SELLING, REVIEW PRODUCT, DAN DISCOUNT TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA E-COMMERCE “SHOPEE”
Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arudati Shinta, M.A.
Oleh : Putra Ramadhani (25310420006)
|
Topic |
Minat beli konsumen
e-commerce shopee; dipengaruhi live streaming selling, Review Product, dan discount |
|
Sumber |
Ita Rahmawati,
Lailatus Sa’adah & Linda Musyafaah. Jurnal Riset Entrepreneurship Vol. 6
No. (2) 2023, 80-93 |
|
Permasalahan |
Permasalahan dari
jurnal ini mengenai e-commerce untuk mengikuti perkembangan zaman yang
mengharuskan interaksi jual-beli melalui social media. |
|
Tujuan penelitian |
Dalam penelitian
ini, live streaming selling, review product, discount dan minat beli
mempunyai keterkaitan yang kuat. Yang Dimana sangat membantu dalam
mempengaruhi persepsi dan minat beli konsumen terhadap suatu produk. Pihak
e-commerce menawarkan fitur Live streaming untuk memudahkan konsumen dalam
melakukan berbelanja melalui online. Konsumen juga bisa langsung menilia
hasil produk melalui Review product, baik melalui komentar dan rating yang di
berikan oleh konsumen sebelumnya. |
|
Isi |
Keinginan para
konsumen muncul melalui proses berfikir yang menimbulkan penilaian konsumen kepada
suatu produk dan jasa. Minat beli pun memunculkan motivasi yang melekat pada
memori yang begitu kuat, sehingga menjadi kenyataan saat kebutuhan konsumen
terpenuhi. |
|
Metode |
Jenis penelitian
ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan munggunakan Teknik analisis
statistic deskriptif. Sampel yang di gunakan pun rumus lameshow dikarenakan
jumlah populasi yang tak terhingga, yakni bagi pengguna e-commerce “shopee”.
Dengan sampel minimal yang dapat di gunakan Adalah 100 orang. Prosedur pengambilan unit sample dilakukan
dengan deteksi dini pada beberapa orang. Tujuan tersebut untuk mengetahui seberapa
banya yang telah di tentukan, seperti pengguna yang telah berlangganan pada
aplikasi shopee selama lebih dari satu tahun, dan pernah berbelanja di
shopee. Selanjutnya penyebaran kusioner atau angket secara online. |
|
Hasil |
Hasil penelitian ini
menunjukakan banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi minat konsumen untuk
membeli dari toko e-commerce. |
|
Diskusi |
Implikasi
penelitian ini terhadap fitur live streaming, review product, dan discount
pada aplikasi Shopee. Diskon memudahkan kita dalam berinteraksi dengan banyak
penjual dan pembeli. Jarak dan waktu bukan lagi masalah dan akan lebih mudah
untuk mengekspresikan diri. Penyebaran informasi dapat berlangsung secara
cepat, dan biaya yang dikeluarkan lebih murah. Penelitian ini dimaksudkan
untuk memberitahukan kepada pembaca dan peneliti selanjutnya bahwa beberapa
fitur pada aplikasi Shopee dapat berpengaruh terhadap minat beli konsumen. |

0 komentar:
Posting Komentar