26.10.25

Psikologi Inovasi Esai 1 - Meringkas Jurnal

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

        Tugas Esai 1            

                           Jurnal:                              

PENGARUH LIVE STREAMING SELLING, REVIEW PRODUCT, DAN DISCOUNT TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA E-COMMERCE “SHOPEE”

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arudati Shinta, M.A.



Oleh : Putra Ramadhani (25310420006)



Topic

Minat beli konsumen e-commerce shopee; dipengaruhi live streaming selling, Review Product, dan

discount

 

Sumber

Ita Rahmawati, Lailatus Sa’adah & Linda Musyafaah. Jurnal Riset Entrepreneurship Vol. 6 No. (2) 2023, 80-93

Permasalahan

Permasalahan dari jurnal ini mengenai e-commerce untuk mengikuti perkembangan zaman yang mengharuskan interaksi jual-beli melalui social media.

Tujuan penelitian

Dalam penelitian ini, live streaming selling, review product, discount dan minat beli mempunyai keterkaitan yang kuat. Yang Dimana sangat membantu dalam mempengaruhi persepsi dan minat beli konsumen terhadap suatu produk. Pihak e-commerce menawarkan fitur Live streaming untuk memudahkan konsumen dalam melakukan berbelanja melalui online. Konsumen juga bisa langsung menilia hasil produk melalui Review product, baik melalui komentar dan rating yang di berikan oleh konsumen sebelumnya.

Isi

Keinginan para konsumen muncul melalui proses berfikir  yang menimbulkan penilaian konsumen kepada suatu produk dan jasa. Minat beli pun memunculkan motivasi yang melekat pada memori yang begitu kuat, sehingga menjadi kenyataan saat kebutuhan konsumen terpenuhi.

Metode

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan munggunakan Teknik analisis statistic deskriptif. Sampel yang di gunakan pun rumus lameshow dikarenakan jumlah populasi yang tak terhingga, yakni bagi pengguna e-commerce “shopee”. Dengan sampel minimal yang dapat di gunakan Adalah 100 orang.  Prosedur pengambilan unit sample dilakukan dengan deteksi dini pada beberapa orang. Tujuan tersebut untuk mengetahui seberapa banya yang telah di tentukan, seperti pengguna yang telah berlangganan pada aplikasi shopee selama lebih dari satu tahun, dan pernah berbelanja di shopee. Selanjutnya penyebaran kusioner atau angket secara online.

Hasil

Hasil penelitian ini menunjukakan banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli dari toko e-commerce.

Diskusi

Implikasi penelitian ini terhadap fitur live streaming, review product, dan discount pada aplikasi Shopee. Diskon memudahkan kita dalam berinteraksi dengan banyak penjual dan pembeli. Jarak dan waktu bukan lagi masalah dan akan lebih mudah untuk mengekspresikan diri. Penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat, dan biaya yang dikeluarkan lebih murah. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberitahukan kepada pembaca dan peneliti selanjutnya bahwa beberapa fitur pada aplikasi Shopee dapat berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

0 komentar:

Posting Komentar