24.10.25

Essai 1 Meringkas Jurnal Enterpreneurship

 

THE IMPACT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION, EMOTIONAL QUOTIENT AND PARENTAL SUPPORT ON STUDENT’S ENTREPRENEURIAL INTEREST

Tugas Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

 

Yesa Apriliana 23310410039

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Tahun 2025 

 

Topik : Dampak Pendidikan Kewirausahaan, Kecerdasan Emosional, dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Siswa

Sumber: Dewi, F. K., Yulastri, A., Jalinus, N., & Mardizal, J. (2024). THE IMPACT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION, EMOTIONAL QUOTIENT AND PARENTAL SUPPORT ON STUDENTS'ENTREPRENEURIAL INTEREST. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 34(1), 106-117.

 Permasalahan : Penelitian ini membahas mengapa niat seseorang terutama mahasiswa untuk menjadi wirausaha masih rendah ketika sudah banyak program Pendidikan dan pelatihan tentang kewirausahaan yang mereka dapatkan.

 Tujuan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel (Entrepreneurial Knowledge, Family Support, dan Emotional Intelligence) terhadap entrepreneurial intention mahasiswa. Kemudian akan dicari variabel mana yang paling dominan dalam mendorong motivasi mahasiswa untuk berwirausaha

 Isi Jurnal: Dalam jurnal ini ditemukan bahwa banyak mahasiswa yang sudah memiliki pengetahuan tentang kewirausahaan namun tidak didorong dengan keinginan yang kuat. Beberapa faktor yang dapat mendorong niat tersebut seperti dukungan keluarga, motivasi tinggi, dan kemampuan emosional yang baik. Semua variabel yang diteliti memiliki dampak positif, motivasi kewirausahaan.

 Metode Penelitian : Jurnal ini menggunakan pendekatan Kualitatif Korelasional dimana Menurut Arikunto (2010), penelitian kualitatif korelasional adalah metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel atau lebih. Selain itu juga menggunakan populasi dan sampel serta kuisioner daring (Google Form).

 Hasil Penelitian : Hasil analisis dalam jurnal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel yang diteliti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha. Semakin baik Pendidikan kewirausahaan, maka akan semakin tinggi pula minatnya. Begitu pula dengan tingginya kecerdasan emosional dan dukungan orang tua akan membuat minat mahasiswa untuk berwirausaha semakin tinggi.

 Kesimpulan : Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendidikan kewirausahaan, kecerdasan emosional, dan dukungan orang tua memiliki dampak positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha. Mahasiswa yang aktif belajar dan memiliki pengalaman kewirausahaan menunjukkan minat yang lebih tinggi. Kecerdasan emosional juga terbukti penting untuk membentuk kepercayaan diri, kemampuan menghadapi tantangan, dan mengambil Keputusan yang rasional dalam berwirausaha. Dukungan orang tua juga menjadi faktor yang memiliki daya dorong kuat pada minat mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar