THE
IMPACT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION, EMOTIONAL QUOTIENT AND PARENTAL SUPPORT
ON STUDENT’S ENTREPRENEURIAL INTEREST
Tugas
Psikologi Inovasi
Dosen
Pengampu Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Yesa
Apriliana 23310410039
Program
Studi Psikologi
Fakultas
Psikologi Universitas Proklamasi 45
Tahun
2025
Topik
: Dampak Pendidikan Kewirausahaan, Kecerdasan Emosional, dan Dukungan Orang Tua
Terhadap Minat Berwirausaha Siswa
Sumber: Dewi, F. K., Yulastri, A., Jalinus, N., &
Mardizal, J. (2024). THE IMPACT OF ENTREPRENEURSHIP EDUCATION, EMOTIONAL
QUOTIENT AND PARENTAL SUPPORT ON STUDENTS'ENTREPRENEURIAL INTEREST. Jurnal
Pendidikan Ilmu Sosial, 34(1), 106-117.
Permasalahan
: Penelitian ini membahas mengapa niat seseorang terutama mahasiswa untuk
menjadi wirausaha masih rendah ketika sudah banyak program Pendidikan dan
pelatihan tentang kewirausahaan yang mereka dapatkan.
Tujuan
Penelitian: Penelitian ini dilakukan
untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel (Entrepreneurial Knowledge,
Family Support, dan Emotional Intelligence) terhadap entrepreneurial
intention mahasiswa. Kemudian akan dicari variabel mana yang paling dominan
dalam mendorong motivasi mahasiswa untuk berwirausaha
Isi
Jurnal: Dalam jurnal ini ditemukan bahwa
banyak mahasiswa yang sudah memiliki pengetahuan tentang kewirausahaan namun
tidak didorong dengan keinginan yang kuat. Beberapa faktor yang dapat mendorong
niat tersebut seperti dukungan keluarga, motivasi tinggi, dan kemampuan
emosional yang baik. Semua variabel yang diteliti memiliki dampak positif,
motivasi kewirausahaan.
Metode
Penelitian : Jurnal ini menggunakan pendekatan Kualitatif Korelasional dimana Menurut
Arikunto (2010), penelitian kualitatif korelasional adalah metode penelitian
yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel
atau lebih. Selain itu juga menggunakan populasi dan sampel serta kuisioner
daring (Google Form).
Hasil
Penelitian : Hasil analisis dalam jurnal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel
yang diteliti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa
untuk berwirausaha. Semakin baik Pendidikan kewirausahaan, maka akan semakin
tinggi pula minatnya. Begitu pula dengan tingginya kecerdasan emosional dan
dukungan orang tua akan membuat minat mahasiswa untuk berwirausaha semakin
tinggi.
Kesimpulan
: Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendidikan kewirausahaan, kecerdasan
emosional, dan dukungan orang tua memiliki dampak positif dan signifikan
terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha. Mahasiswa yang aktif belajar dan
memiliki pengalaman kewirausahaan menunjukkan minat yang lebih tinggi.
Kecerdasan emosional juga terbukti penting untuk membentuk kepercayaan diri,
kemampuan menghadapi tantangan, dan mengambil Keputusan yang rasional dalam
berwirausaha. Dukungan orang tua juga menjadi faktor yang memiliki daya dorong
kuat pada minat mahasiswa.
0 komentar:
Posting Komentar