Mata Kuliah: Psikologi Inovasi
Tugas: Esai 1 - Meringkas Jurnal
Judul Jurnal: Peran Kewirausahaan Dalam Memicu Pertumbuhan UMKM Melalui E-Commerce Pada Usaha Coffee Shop
Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.
Yelsi Adel Quraini
(24310420037)
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Oktober 2025
|
Topik |
Kewirausahaan, UMKM, E-Commerce |
|
Sumber |
Azhari, R., & Apriadi, D. (2025). Peran kewirausahaan dalam
memicu pertumbuhan UMKM melalui e-commerce
pada usaha coffee shop. Jurnal Publikasi Ekonomi dan
Akuntansi, 5(1), 215–221. https://journalcenter.org/index.php/jupea |
|
Permasalahan |
Meskipun kewirausahaan berperan untuk
mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama untuk usaha kecil, mikro, dan menengah atau UMKM.
Di wilayah Antapani, Bandung, UMKM juga berpotensi besar untuk
memajukan ekonomi lokal, mengurangi kesenjangan ekonomi, serta meningkatkan
kesejahteraan Masyarakat. Namun, banyak UMKM yang
belum mampu memanfaatkan kewirausahaan dan e-commerce di era digital, dengan
persaingan pasar yang semakin ketat. Hal tersebut disebabkan karena
dibutuhkannya inovasi, kreativitas, dan adaptasi terhadap kemajuan teknologi
oleh para UMKM. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menjawab bagaimana
kewirausahaan dan e-commerce mempengaruhi perkembangan UMKM,
melalui studi kasus di Coffee Sajati Beackyard. |
|
Tujuan Penelitian |
Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran kewirausahaan e-commerce dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Bojong Kalapa, khususnya di coffee shop. |
|
Isi |
Penelitian ini menemukan bahwa:
3. Pemanfaatan e-commerce mempermudah UMKM untuk dapat memasarkan produk mereka secara daring, sehingga menjangkau pelanggan yang lebih luas. Melalui e-commerce, pelaku usaha kecil dan menengah berpeluang untuk meningkatkan pendapatan dan mengembangkan usaha mereka. Dengan adanya e-commerce di Sajati Coffe Backyard seperti Gojek, Grab, atau ShoppeFood menjadi saluran pemasaran yang mempermudah akses pasar menjadi lebih luas. |
|
Metode |
Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dengan pemilik Coffee Sajati Beackyard dan observasi langsung terhadap subjek di lokasi usaha,
serta penelitian
dokumen melalui buku dan jurnal terkait. Analisis data menggunakan teknik kualitatif eksplanatori, yang
mencakup interpretasi hasil dari wawancara dan observasi. Validasi data
diuji menggunakan teknik triagulasi melalui data yang dikumpulkan dan
diverifikasi atau
dibandingkan dengan sumber lain. Pengguna triagulasi dalam penelitian ini
bervariasi tergantung pada sumber informasi yang tersedia. |
|
Hasil |
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kewirausahaan
dan e-commerce terbukti saling berkaitan erat dalam mendorong pertumbuhan
UMKM. Kewirausahaan menjadi faktor penggerak kreativitas dan inovasi,
sedangkan e-commerce membantu memperluas pasar, meningkatkan penjualan, dan
memperkuat daya saing UMKM seperti Sajati Coffee Backyard. Melalui analisis
SWOT, UMKM dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk menyesuaikan diri
dengan perkembangan teknologi serta menghadapi ancaman pasar
yang kompetitif. |
|
Diskusi |
Penelitian ini menggambarkan bahwa |

0 komentar:
Posting Komentar