24.10.25

Esai 1- Meringkas Jurnal Motivasi Enterpreneurship

 Mata Kuliah: Psikologi Inovasi

Tugas: Esai 1 - Meringkas Jurnal

Judul Jurnal: Peran Kewirausahaan Dalam Memicu Pertumbuhan UMKM  Melalui E-Commerce Pada Usaha Coffee Shop

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.


Yelsi Adel Quraini (24310420037)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Oktober 2025

Topik

Kewirausahaan, UMKM, E-Commerce

Sumber

Azhari, R., & Apriadi, D. (2025). Peran kewirausahaan dalam memicu pertumbuhan UMKM melalui e-commerce pada usaha coffee shop. Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi5(1), 215–221. https://journalcenter.org/index.php/jupea

Permasalahan

Meskipun kewirausahaan berperan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama untuk usaha kecil, mikro, dan menengah atau UMKM. Di wilayah Antapani, Bandung, UMKM juga berpotensi besar untuk memajukan ekonomi lokal, mengurangi kesenjangan ekonomi, serta meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Namun, banyak UMKM yang belum mampu memanfaatkan kewirausahaan dan e-commerce di era digital, dengan persaingan pasar yang semakin ketat. Hal tersebut disebabkan karena dibutuhkannya inovasi, kreativitas, dan adaptasi terhadap kemajuan teknologi oleh para UMKM. Oleh karena itu, penelitian ini ingin menjawab bagaimana kewirausahaan dan e-commerce mempengaruhi perkembangan UMKM, melalui studi kasus di Coffee Sajati Beackyard.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran kewirausahaan e-commerce dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Bojong Kalapa, khususnya di coffee shop. 

Isi

Penelitian ini menemukan bahwa:

  1. Peran kewirausahaan sangat mendorong pertumbuhan UMKM kopi di Coffee Sajati Beackyard, Antapani. Kewirausahaan berperan penting dalam inovasi produk, pengembangan branding, dan adaaptasi terhadap preferensi konsumen Gen Z yang lebih  memilih tempat aestetik untuk berfoto. Sehingga menggunakan penedekatan analisis yang relevan yaitu SWOT analisis (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).
  2. Dengan mendorong pertumbuhan UMKM melalui SWOT, SWOT digunakan oleh UMKM untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha yang dihadapi, sehingga dapat menyusun strategi bisnis yang efektif dan berkelanjutan di era persaingan pasar. Analisis SWOT mencakup 4 faktor, yaitu:
  • Kekuatan (Strength): Berupa keterampilan khusus atau keahlian istimewa yang dimiliki oleh organisasi itu sendiri, seperti kualitas produk.
  • Kelemahan (Weaknesses): Berupa kekurangan sarana dan prasaran, kalitas dan kapasitas sumber daya manusia, serta ketidaksesuaian hasil produk dengan kebutuhan pasar.
  • Peluang (Opportunities): Kondisi lingkungan eksternal yang meguntungkan organisasi, dan membeikan kesempatan untuk pertumbuhan dan pengembangan usaha.
  • Ancaman (Threts): Faktor ekternal yang dapat mengganggu kelancaran operasional suatu bisnis. Maka lingkungan yang tidak mendukung ini perlu diwaspadai sebab jika tidak diatasi dengan segera maka ancaman tersebut dapat menimbukan dampak jangka panjang untuk bisnis.

   3. Pemanfaatan e-commerce mempermudah UMKM untuk dapat memasarkan produk mereka secara daring, sehingga menjangkau pelanggan yang lebih luas. Melalui e-commerce, pelaku usaha kecil dan menengah berpeluang untuk meningkatkan pendapatan dan mengembangkan usaha mereka. Dengan adanya e-commerce di Sajati Coffe Backyard seperti Gojek, Grab, atau ShoppeFood menjadi saluran pemasaran yang mempermudah akses pasar menjadi lebih luas.

Metode

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dengan pemilik Coffee Sajati Beackyard dan observasi langsung terhadap subjek di lokasi usaha, serta penelitian dokumen melalui buku dan jurnal terkait. Analisis data menggunakan teknik kualitatif eksplanatori, yang mencakup interpretasi hasil dari wawancara dan observasi. Validasi data diuji menggunakan teknik triagulasi melalui data yang dikumpulkan dan diverifikasi atau dibandingkan dengan sumber lain. Pengguna triagulasi dalam penelitian ini bervariasi tergantung pada sumber informasi yang tersedia.

Hasil

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kewirausahaan dan e-commerce terbukti saling berkaitan erat dalam mendorong pertumbuhan UMKM. Kewirausahaan menjadi faktor penggerak kreativitas dan inovasi, sedangkan e-commerce membantu memperluas pasar, meningkatkan penjualan, dan memperkuat daya saing UMKM seperti Sajati Coffee Backyard. Melalui analisis SWOT, UMKM dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi serta menghadapi ancaman pasar yang kompetitif.

Diskusi

Penelitian ini menggambarkan bahwa sinergi antara kewirausahaan dan e-commerce memiliki peranan sangat penting dalam mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM kopi, khususnya dalam menghadapi tantangan pasar digital yang kompetitif. Melalui pengimplementasian e-commerce seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood, pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan pasar secara signifikan serta meningkatkan volume penjualan produk mereka. Namun, keberhasilan tersebut tidak hanya dilandasi oleh pemanfaatan teknologi semata, melainkan juga tergantung pada semangat kewirausahaan pelaku usaha yang mampu melakukan inovasi produk, kreativitas dalam mengemas dan memasarkan, serta strategi yang adaptif terhadap kebutuhan dan preferensi konsumen, terutama generasi muda yang menilai estetika sebagai salah satu nilai tambah. Melalui penggunaan analisis SWOT dalam penelitian membantu pelaku UMKM memahami secara menyeluruh kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi dalam bisnis mereka. Dengan pemahaman ini, mereka dapat merancang strategi bisnis yang lebih efektif dan berkelanjutan, meminimalkan risiko, dan mengoptimalkan peluang yang ada di pasar digital. Oleh karena itu, integrasi kewirausahaan yang aktif dengan platform e-commerce menjadi faktor kunci keberhasilan UMKM dalam meningkatkan daya saing serta bertahan di pasar yang terus berkembang dan penuh persaingan ini.

 

0 komentar:

Posting Komentar