24.7.25

PSIKOLOGI INOVASI - UAS – STUDI KASUS - Analisis Perubahan Terhadap Dua Intervensi Dalam Skema Paul A. Bell - Maria Laras Wati Candra Sari

 

PSIKOLOGI INOVASI

UAS – STUDI KASUS

Analisis Perubahan Terhadap Dua Intervensi Dalam Skema Paul A. Bell

Dosen pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Disusun oleh : Maria Laras Wati Candra Sari

NIM: 22310410188

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

2025

            Media sosial kini dihebohkan dengan salah satu figur yang hangat diperbincangkan, yaitu sosok Gubernur Jawa Barat dengan julukan Kang Dedi Mulyadi (KDM). Beliau memiliki banyak channel yang dapat dikatakan melakukan ‘pemaksaan’ dalam konteks positif, untuk mengubah seseorang menjadi lebih baik dalam berbagai hal. Salah satunya adalah channel yang menghadirkan Ayu Aryanti, seorang murid SMK Akutansi yang pandai dalam bidang akademik, dengan orangtua yang bekerja sebagai penjual makaroni, dan kemudian diasuh oleh KDM selama 2 tahun. Setelah 2 tahun dan kemudian lulus, Ayu tidak ingin melanjutkan ke bangku perkuliahan dan memilih untuk kembali tinggal bersama orangtuanya dan berjualan makaroni, meski KDM sudah menawarkan kepada Ayu untuk membiayai studinya jika ia mau melanjutkan pendidikan kelak.

            Tidak hanya kepada Ayu saja, KDM juga menerapkan intervensi kepada anak-anak yang lain, dimana anak-anak tersebut terbilang ‘unik’ dalam artian nakal, berkebutuhan khusus, sering tawuran, mengkonsumsi minuman keras, tidak mau berlajar, tidak patuh pada orangtua, dan kenakalan lainnya. Mereka dimasukkan ke barak militer untuk dilatih berdisiplin, lalu setelah keluar dari barak, remaja ‘unik’ tersebut ternyata berubah perilakunya menjadi lebih baik serta bisa merencanakan masa depannya.

            Dari dua intervensi yang dilakukan oleh KDM, berdasarkan analisis perubahan Ayu Aryanti dan remaja ‘unik’ dalam skema persepsi dari Paul A. Bell dan kawan-kawan (dalam Patimah et al., 2024; Sarwono, 1995), yang menyatakan bahwa persepsi adalah dasar dimana tingkah dan perilaku itu terbentuk berdasarkan proses mental yang melibatkan interpretasi terhadap rangsangan yang diterima dari lingkungan maupun individu itu sendiri, dan dapat mempengaruhi tindakan mereka selanjutnya. Skema tersebut menyatakan bahwa persepsi individu tentang dirinya, orang lain, dan lingkungannya akan menentukan perilaku yang muncul, dan jika dilakukan secara berulang, akan membentuk kebiasaan. Persepsi yang positif akan mendorong individu untuk melakukan perilaku yang sesuai dengan persepsi tersebut. Dalam kasus para remaja ’unik’, persepsi mereka terhadap kemampuan dan potensi diri yang baru terbentuk ini menjadi dasar utama yang memotivasi mereka untuk melakukan perubahan dan membangun kebiasaan positif. Sedangkan, pada Ayu, persepsi yang lebih pesimis dan terbatas terhadap diri sendiri menghambat proses perubahan, sehingga ia cenderung tetap pada persepsi lama yang menghambat perkembangan pribadi.

Faktor lingkungan dan pengalaman juga memengaruhi persepsi individu. Para remaja ’unik’ mendapatkan pengalaman langsung yang positif dan membawa perubahan persepsi terhadap diri mereka sendiri, sementara Ayu kurang mendapatkan dorongan yang mampu mengubah persepsi tentang masa depannya. Pengalaman-pengalaman ini memperkuat persepsi diri yang positif dan mendorong terbentuknya perilaku yang berkelanjutan, sesuai dengan teori kebiasaan.

Perbedaan utama dalam pola perubahan diri antara Ayu Aryanti dan para remaja ’unik’ terletak pada persepsi mereka terhadap diri sendiri dan potensi masa depan. Persepsi positif dan optimis yang terbentuk dari pengalaman dan lingkungan, mampu memotivasi individu untuk melakukan perilaku yang membangun, yang kemudian akan menjadi kebiasaan yang mendukung perubahan diri secara berkelanjutan. Sebaliknya, persepsi yang pesimis dan terbatas akan menghambat proses tersebut, sehingga menyebabkan individu tetap dalam keadaan yang sama tanpa mengalami perubahan yang signifikan.

 

Daftar pustaka:

Sarwono, J. (1995). Psikologi Perilaku: Teori dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Patimah, M., Sarwono, J., & Kurniawati, N. (2024). Psikologi Perilaku dan Perubahan Diri. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

             

0 komentar:

Posting Komentar