15.5.25

Esai 1- Jurnal Enterpreneur (Nanda Aprilia)

 

Nama: Nanda Aprilia Dewi Saputri

Nim: 22310410158

Essay 1 Psikologi Inovasi

 

Judul: Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Entrepreneurship pada Anak Usia Dini

Penulis: Robi’ah Nugrahani, Erni Munastiwi, Eko Suhendro (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan nilai-nilai entrepreneurship pada anak usia dini, dengan fokus pada TK Khalifah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Khalifah mengimplementasikan berbagai program seperti market day, outing class, cooking class, dan outbound untuk memperkenalkan nilai-nilai entrepreneurial kepada anak-anak. Program tersebut disesuaikan dengan tahap perkembangan anak dan bertujuan untuk membentuk karakter wirausaha sejak dini.

Pendahuluan: Pendidikan anak usia dini (PAUD) berfokus pada pengembangan berbagai potensi anak untuk mempersiapkan mereka berinteraksi dengan lingkungan. Kewirausahaan di PAUD tidak hanya berarti mengajarkan dagang, tetapi menumbuhkan sifat dan karakter wirausaha. Pendidikan karakter harus diperkenalkan sedini mungkin dan PAUD memiliki peranan penting sebagai fondasi perkembangan anak.

Metode: Penelitian dilakukan di TK Khalifah Pandeansari Yogyakarta dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, siswa, dan pengurus, juga melalui observasi dan dokumentasi program yang dijalankan.

 

Hasil Penelitian:

Perencanaan Pembelajaran: Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun secara sistematis untuk menanamkan nilai entrepreneurial. Program pembelajaran didasarkan pada RPPH dan mencakup berbagai kegiatan yang mengembangkan kerjasama, kejujuran, dan tanggung jawab.

Pelaksanaan Pembelajaran: Implementasi nilai-nilai entrepreneurship dilakukan melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler yang mengedepankan interaksi sosial dan pengalaman praktis, seperti market day dan outbound. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar berinteraksi sebagai penjual dan pembeli, serta menumbuhkan sikap disiplin dan mandiri.

Dampak Pendidikan: Penanaman nilai-nilai entrepreneur berpengaruh positif terhadap sikap anak, seperti meningkatkan kejujuran, disiplin, kreatifitas, dan rasa ingin tahu. Melalui pendidikan ini, anak didik diharapkan dapat menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi pada masyarakat dengan sikap wirausaha.

Kesimpulan: Strategi pembelajaran yang diterapkan di TK Khalifah menunjukkan progres dalam menanamkan nilai-nilai entrepreneurship. Berbagai program yang diselenggarakan sesuai dengan perkembangan anak berfungsi efektif dalam membangun karakter wirausaha. Pendidikan yang memadukan nilai keagamaan dan entrepreneurial memberi dampak positif terhadap sikap dan karakter anak, mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang berjiwa wirausaha.

Kata Kunci: nilai-nilai entrepreneur, anak usia dini, strategi kewirausahaan.

0 komentar:

Posting Komentar