Nama: Nanda Aprilia Dewi Saputri
Nim: 22310410158
Essay
1 Psikologi Inovasi
Judul: Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Entrepreneurship
pada Anak Usia Dini
Penulis: Robi’ah Nugrahani, Erni Munastiwi, Eko Suhendro
(UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
strategi pengembangan nilai-nilai entrepreneurship pada anak usia dini, dengan
fokus pada TK Khalifah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif,
melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa TK Khalifah mengimplementasikan berbagai program seperti market day,
outing class, cooking class, dan outbound untuk memperkenalkan nilai-nilai
entrepreneurial kepada anak-anak. Program tersebut disesuaikan dengan tahap perkembangan
anak dan bertujuan untuk membentuk karakter wirausaha sejak dini.
Pendahuluan: Pendidikan anak usia dini (PAUD) berfokus
pada pengembangan berbagai potensi anak untuk mempersiapkan mereka berinteraksi
dengan lingkungan. Kewirausahaan di PAUD tidak hanya berarti mengajarkan
dagang, tetapi menumbuhkan sifat dan karakter wirausaha. Pendidikan karakter
harus diperkenalkan sedini mungkin dan PAUD memiliki peranan penting sebagai
fondasi perkembangan anak.
Metode: Penelitian dilakukan di TK Khalifah Pandeansari
Yogyakarta dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara
dengan guru, siswa, dan pengurus, juga melalui observasi dan dokumentasi
program yang dijalankan.
Hasil Penelitian:
Perencanaan Pembelajaran: Rencana pelaksanaan
pembelajaran disusun secara sistematis untuk menanamkan nilai entrepreneurial.
Program pembelajaran didasarkan pada RPPH dan mencakup berbagai kegiatan yang
mengembangkan kerjasama, kejujuran, dan tanggung jawab.
Pelaksanaan Pembelajaran: Implementasi nilai-nilai
entrepreneurship dilakukan melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler yang
mengedepankan interaksi sosial dan pengalaman praktis, seperti market day dan
outbound. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar
berinteraksi sebagai penjual dan pembeli, serta menumbuhkan sikap disiplin dan
mandiri.
Dampak Pendidikan: Penanaman nilai-nilai entrepreneur
berpengaruh positif terhadap sikap anak, seperti meningkatkan kejujuran,
disiplin, kreatifitas, dan rasa ingin tahu. Melalui pendidikan ini, anak didik
diharapkan dapat menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi pada
masyarakat dengan sikap wirausaha.
Kesimpulan: Strategi pembelajaran yang diterapkan di TK
Khalifah menunjukkan progres dalam menanamkan nilai-nilai entrepreneurship.
Berbagai program yang diselenggarakan sesuai dengan perkembangan anak berfungsi
efektif dalam membangun karakter wirausaha. Pendidikan yang memadukan nilai
keagamaan dan entrepreneurial memberi dampak positif terhadap sikap dan
karakter anak, mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang berjiwa
wirausaha.
Kata Kunci: nilai-nilai entrepreneur, anak usia dini,
strategi kewirausahaan.
0 komentar:
Posting Komentar