Tugas Esai 1 : Meringkas Jurnal Enterpreneurship
Mata Kuliah : Psikologi Inovasi
Judul Jurnal: Analisis Psikologis terhadap Implementasi Program Kewirausahaan di SMK dalam Membangun Jiwa Entrepreneurship Siswa.
Bulan dan Tahun Terbit: Februari 2024
Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.
Seprandi Saputra (25310420004)
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Meringkas jurnal : Agar bisa memahami jurnal dengan cepat karena hal itu penting dalam penulisan ilmiah (sebagai bekal)
|
Topik |
Implementasi Analisis Psikologi, Kewirausahaan, Enterpreneurship. |
|
Sumber |
Endang Komara, Ida
Rukhaida, Dani Wardani, Sunsun P. Yogaswara. Didaktika: Jurnal
Kependidikan, Vol. 13, No. 1, Februari 2024. |
|
Permasalahan |
Permasalahan utama
dalam jurnal ini terletak pada belum optimalnya pelaksanaan program
kewirausahaan di SMK dalam membentuk jiwa wirausaha siswa. Program yang
ada sering kali masih bersifat teoritis dan kurang mengintegrasikan aspek psikologi
pendidikan seperti motivasi, efikasi diri, dan kepercayaan diri.
Akibatnya, banyak siswa yang belum memiliki keberanian mengambil risiko,
kurang percaya diri, serta belum mampu mengaitkan pembelajaran kewirausahaan
dengan praktik nyata. Selain itu, keterbatasan sumber daya, kesiapan guru,
dan lingkungan belajar yang kurang mendukung juga menjadi hambatan dalam
mengembangkan kreativitas dan kemandirian siswa sebagai calon
wirausahawan muda. |
|
Tujuan penelitian |
Untuk mengetahui
bagaimana program kewirausahaan di SMK membentuk jiwa wirausaha siswa
serta menganalisis faktor psikologis, pendukung, dan penghambat yang memengaruhi keberhasilan pelaksanaannya. |
|
Isi |
Pendidikan
kewirausahaan di SMK penting untuk membentuk siswa yang kreatif, mandiri, dan
berani mengambil risiko. Namun, pelaksanaannya belum optimal karena kurangnya
keseimbangan antara teori dan praktik serta perhatian terhadap aspek
psikologis siswa. Pembahasan penelitian mengaitkan temuan dengan teori behavioristik,
eksperimen, dan aktualisasi diri, yang menekankan pentingnya
motivasi, pengalaman langsung, dan pengembangan potensi. Program
kewirausahaan dinilai efektif jika mampu menumbuhkan psychological capital
seperti optimisme, ketahanan, dan kepercayaan diri siswa. |
|
Metode |
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri Peternakan Lembang dengan tujuan memahami secara mendalam bagaimana program kewirausahaan diimplementasikan serta bagaimana pengaruhnya terhadap pembentukan jiwa wirausaha siswa dari aspek psikologi pendidikan. Subjek penelitian terdiri atas siswa, guru, dan staf pengajar yang terlibat langsung dalam program kewirausahaan. Pemilihan partisipan dilakukan secara purposive sampling, yaitu berdasarkan pengalaman dan keterlibatan mereka dalam kegiatan kewirausahaan di sekolah. Teknik pengumpulan
data meliputi tiga cara utama:
|
|
Hasil |
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa program kewirausahaan di SMK Negeri Peternakan Lembang
mampu meningkatkan kepercayaan diri, kreativitas, dan kerja sama siswa
melalui kegiatan teori dan praktik kewirausahaan. Namun, pelaksanaan program
masih menghadapi hambatan seperti rendahnya motivasi, keterbatasan
fasilitas, dan kesiapan guru yang belum optimal. Secara keseluruhan,
penerapan pendekatan psikologi pendidikan terbukti penting untuk
memperkuat efektivitas program dan membangun jiwa wirausaha siswa secara lebih
menyeluruh. |
|
Diskusi |
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa program kewirausahaan di SMK Negeri Peternakan Lembang
mampu meningkatkan kepercayaan diri, kreativitas, dan kerja sama siswa
melalui kegiatan teori dan praktik kewirausahaan. Namun, pelaksanaan program
masih menghadapi hambatan seperti rendahnya motivasi, keterbatasan
fasilitas, dan kesiapan guru yang belum optimal. Secara keseluruhan,
penerapan pendekatan psikologi pendidikan terbukti penting untuk
memperkuat efektivitas program dan membangun jiwa wirausaha siswa secara lebih
menyeluruh. |
0 komentar:
Posting Komentar